get app
inews
Aa Read Next : Kisah Muntahir, Kakek 85 Tahun Naik Haji usai Menabung Uang Hasil Parkir Motor Sejak 2012

Kabar Baik! Beasiswa Indonesia Bangkit 2023 Segera Dibuka

Sabtu, 01 April 2023 | 10:55 WIB
header img
Kementerian Agama tengah mempersiapkan pendaftaran Program Beasiswa Indonesia Bangkit (BIB) Tahun Anggaran 2023. (Foto: Ist)

BOGOR, iNewsSemarang.id - Kabar baik untuk para pemburu beasiswa S2 bahkan S3. Pasalnya, Kementerian Agama tengah mempersiapkan pendaftaran Program Beasiswa Indonesia Bangkit (BIB) Tahun Anggaran 2023. Program beasiswa tersebut merupakan kolaborasi antara Lembaga Pengelola Dana Pendidikan (LPDP) dengan Kemenag.

Persiapan yang dimaksud adalah memfinalkan pedoman yang didalamnya menyangkut term of reference (TOR), Rencana Anggaran Biaya (RAB), kriteria pemilihan perguruan tinggi, persyaratan penerima dan pelbagai macam jenis beasiswa sebagaimana standar LPDP.

Direktur Guru dan Tenaga Kependidikan (GTK) Dr. Muhammad Zen, M.A berharap agar kuota beasiswa untuk guru madrasah bertambah, karena banyak guru yang harus ditingkatkan kualitasnya melalui studi lanjut S2 bahkan S3.

“Saya sendiri yang akan mengawal dan mensosialisasikan BIB Kemenag ini kepada para guru di Indonesia,” tegas Zen.

Ketua Project Management Unit (PMU) BIB Kemenag Ruchman Basori mengatakan tahun ke dua pengelolaan BIB diharapkan akan semakin mantap, sistematis dan berdimensi luas. 

“Dibanding tahun pertama 2022, BIB tahun ini akan lebih baik karena kita mempunyai waktu persiapan yang cukup dan pengalaman yang lebih baik," tegas Ruchman.

Lebih lanjut Ruchman menerangkan bahwa BIB tahun 2023, mendapatkan anggaran 648 milayard, untuk memberikan kesempatan studi lanjut S1, S2 dan S3 putra-puteri di lembaga Pendidikan di bawah Kementerian Agama.

Layanan BIB 2023 adalah beasiswa degree S1, S2 dan S3 dan Non Degree seperti Pendidikan Profesi Guru (PPG) Dalam Jabatan 11.000 orang dan Pra Jabatan 500 orang, Sertifikasi Dosen 2.500 orang, program Peningkatan Kompetensi Dosen Pemula (PKDP), Pelatihan Moderasi Beragama, dan lain-lain. 

Sekretaris PMU BIB Abdulloh Faqih mengatakan tujuan diadakannya rapat koordinasi ini adalah untuk memfinalkan term of reference (TOR) dan Rancangan Anggaran Biaya (RAB) dan sekaligus memastikan kuota beasiswa.

Dengan review pedoman beasiswa BIB ini, Faqih berharap pembukaan pendaftaran beasiswa dapat laksanakan pada minggu kedua April 2023. 

“Saya minta kepada teman-teman PMU untuk tetap semangat, melengkapi berkas-berkas pendaftaran dan persiapan yang dipandang perlu," katanya.

Editor : Maulana Salman

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut