get app
inews
Aa Read Next : Konsumsi BBM di Jateng-DIY saat Arus Mudik dan Balik Terpenuhi, Berikut Rinciannya

Puncak Arus Balik Bergeser, Kapolri Perintahkan Polisi Tetap Siaga Layani Pemudik

Rabu, 26 April 2023 | 00:09 WIB
header img
Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo. Foto Istimewa

JAKARTA, iNewsSemarang.id – Menyusul adanya potensi pergeseran puncak arus balik libur Lebaran 2023 pada akhir pekan ini, Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo memerintahkan jajarannya untuk tetap siaga melayani pemudik.

Sigit menegaskan, petugas tetap siaga di jalan tol maupun arteri guna memberikan pelayanan terbaik bagi pemudik saat arus balik.

"Saya perintahkan anggota terkait adanya pergeseran prediksi puncak arus balik ini, ada distribusi sampai dengan hari Minggu nanti. Saya minta anggota siap siaga baik tol maupun arteri sehingga distribusi dari puncak arus balik semua masyarakat terlayani," kata Sigit usai meninjau arus balik di KM 72 Tol Cikampek, Selasa, (25/4/2024).

Potensi perubahan puncak arus balik itu didasari atas adanya kebijakan pemerintah yang mengizinkan ASN dan pegawai BUMN untuk mengambil jatah cuti tambahan guna menghindari kemacetan saat puncak arus balik yang semula diprediksi pada 24-25 April 2023.

"Pak Menkopolhukam juga telah menginformasikan bahwa untuk kegiatan halal bihalal digeser tidak minggu ini, namun minggu depan," ujar Sigit.

Atas hal tersebut, Sigit memaparkan hasil pengecekan yang seharusnya pada hari ini terjadi puncak arus balik, namun ada perubahan. Bahkan ada penurunan sebanyak 13 persen jumlah kendaraan dari prediksi awal.

"Tentunya ini akan kita tunggu apakah penurunan 13 persen tetap berlaku, artinya kalau bertahan kita sudah bisa menurunkan prediksi puncak yang 203 ribu. Karena bisa turun 13 persen," katanya.

Editor : Sulhanudin Attar

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut