get app
inews
Aa Read Next : Waspadai 5 Penyakit Disebabkan Berpikir Negatif, Nomor 4 Bisa Mematikan

5 Makanan Ini Wajib Dikonsumsi agar Tetap Sehat Hadapi Suhu Panas Ekstrem

Jum'at, 28 April 2023 | 06:10 WIB
header img
Kedelai salah satu makanan sehat yang perlu dikonsumsi untuk menjaga tubuh tetap sehat di tengah suhu panas ekstrem.

Rekomendasi 5 makanan hadapi suhu panas ekstrem agar tubuh tetap sehat

1. Konsumsi Buah

Penting untuk banyak mengonsumsi buah-buahan saat suhu sedang panas. Terutama buah yang tinggi kadar airnya, seperti semangka, melon, dan jeruk.  Manfaat konsumsi buah-buahan tinggi air sama halnya seperti banyak minum air putih, yaitu membantu tubuh tetap terhidrasi dengan baik. Selain itu, vitamin yang terkandung dalam buah-buahan juga dapat membantu tingkatkan kekebalan tubuh.

2. Minum Air Putih

Salah satu dampak dari cuaca panas adalah hilangnya cairan tubuh dalam jumlah banyak, yang jika dibiarkan dapat berujung menjadi dehidrasi. Untuk itu, saat cuaca sedang panas-panasnya, perbanyak minum air putih, bahkan lebih banyak dari biasanya. Dengan begitu keseimbangan cairan tubuh akan tetap terjaga. Hindari atau batasi juga konsumsi minuman berkafein karena bersifat diuretik, yaitu memicu hilangnya cairan tubuh.

3. Yogurt

Yogurt adalah salah satu makanan paling menyegarkan dan sangat cocok dikonsumsi saat suhu sedang panas. Selain itu, yogurt dapat dikonsumsi dengan berbagai cara dan membantu menjaga tubuh tetap sejuk. Buttermilk juga dapat membantu mengurangi panas pada tubuh.

Selanjutnya, lactobacillus bulgaricus adalah bakteri yang mempercepat pergerakan usus, dan tidak dapat ditemukan dalam makanan selain yogurt. Asam laktat dalam yogurt membunuh bakteri jahat di usus, mencegah diare dan membantu menciptakan lingkungan usus bagian dalam yang sehat.

Dengan kata lain, produk susu fermentasi ini dapat dikatakan sebagai pembersih usus. Yogurt meningkatkan penyerapan kalsium setelah dikonsumsi dan merangsang hormon saturasi di usus karena mengandung lemak dan protein hewani berkualitas tinggi.

Editor : Sulhanudin Attar

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut