get app
inews
Aa Read Next : Demo May Day di Semarang Ricuh, Buruh dan Mahasiswa Bentrok dengan Polisi

Demo Hari Buruh, KSPI Jateng Tuntut RUU PPRT Disahkan

Senin, 01 Mei 2023 | 20:49 WIB
header img
Aksi buruh di depan kantor Gubernur Jawa Tengah. (iNewsSemarang)

SEMARANG, iNewsSemarang.id - Ratusan buruh dari berbagai perusahaan di Jawa Tengah yang tergabung dalam Konfederasi Serikat Pekerja Indonesia (KSPI) merayakan May Day atau Hari Buruh yang jatuh pada 1 Mei dengan melakukan aksi demontrasi di depan gedung Gubernur Jawa Tengah, Jalan Pahlawan Kota Semarang, Senin (1/5/2023) sore.

Berdasarkan pantauan iNewsSemarang.id, sebelumnya ratusan buruh melakukan long march dimulai dari titik nol kota Semarang atau depan kantor Pos Johar kemudian menyusuri Jalan Pemuda, lalu Jalan MH Thamrin, Jalan Pandanaran, Simpang Lima dan berakhir di Kantor Gubernur Jawa Tengah di Jalan Pahlawan, Kota Semarang.

Dalam aksinya para buruh meminta pencabutan sejumlah peraturan dan perundangan, diantaranya Omnibus Law Undang-Undang (UU) Cipta Kerja, Parliamentary Threshold 4 persen, RUU Omnibus Law Kesehatan. 

Selain itu mereka juga mendesak pemerintah untuk segera mengesahkan Rancangan Undang-Undang (RUU) PPRT (Perlindungan Pekerja Rumah Tangga). Selanjutnya mereka juga mengusung isu reforma agraria dan kedaulatan pangan. Kemudian mereka juga menyuarakan memilih Presiden di tahun 2024 yang pro dengan buruh.

Sekretaris KSPI Jateng yang juga Ketua FSPMI Jateng, Aulia Hakim mengatakan, buruh dalam memperingati May Day bukan menakut-nakuti masyarakat. Menurutnya, sejarah May Day merupakan perjalanan panjang kemenangan buruh sedunia yang berhasil memperjuangkan hak-haknya.

"Yang saat ini muncul ketika buruh memperingati May Day takutnya luar biasa. Hari ini kita membuktikan bahwa KSPI dan Partai Buruh bisa melakukan aksi yang besar tetapi damai," ungkapnya.

Editor : Agus Riyadi

Follow Berita iNews Semarang di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut