get app
inews
Aa Read Next : Dukung Alih Status Jadi PPPK, Wisnu Wijaya Beri Pelatihan CAT bagi SDM PKH

Pertama di Kendal, CAT Perades Digelar di Desa dan Dapat Disaksikan Langsung Oleh Warga

Senin, 15 Mei 2023 | 13:34 WIB
header img
Kades Bojonggede Didik Heriawan memantau langsung pelaksanaan CAT perangkat desa.(iNews/Agus)

KENDAL, iNewsSemarang.id - Terobosan baru dilakukan Pemerintah Desa (Pemdes) Bojonggede Kecamatan Ngampel, dalam merekrut perangkat desa. Penjaringan perangkat desa yang telah diatur dalam Perbup nomor 51 tahun 2017 dan dilakukan dengan sistem Computer Assisted Test (CAT), kali ini digelar di desa.

Padahal, sebelum-sebelumnya tes seperti ini sering kali digelar di kampus-kampus luar kota. Digelarnya CAT di desa dengan menggunakan lokasi aula Balaidesa Bojonggede, menjadi yang pertama kali dilakukan di Kabupaten Kendal.

Kades Bojonggede, Didik Heriawan mengatakan, sengaja menggelar CAT di desa agar pelaksanaanya bisa transparan dan akuntabel.

"Ini biar publik tahu. Masyarakat tahu bahwa tes dilakukan secara transparan, karena selama ini masyarakat di Kendal tidak tahu ada proses CAT. Mereka tahu-tahu sudah ada hasilnya. Tahunya juga dari pengumuman yang disampaikan perangkat desa," kata Didik Heriawan, Senin (15/5/2023).

Dikatakan Didik, tes penjaringan dilakukan untuk mengisi kosongnya posisi salah seorang perangkat desa yang telah memasuki masa purna tugas. Kekosongan ini terjadi baru sebulan lamanya.

"Karena tes ini langsung keluar hasilnya, maka akhir bulan ini rencananya yang berhasil menjadi peringkat pertama akan kita lantik," ujarnya.

Editor : Agus Riyadi

Follow Berita iNews Semarang di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut