get app
inews
Aa Read Next : Ganjar Pranowo Tawarkan 3 Solusi Kembalikan Independensi KPK, Apa Saja?

Hasil Survei SMRC Sebut Ganjar Sosok Paling Jujur dan Taat Beragama

Selasa, 16 Mei 2023 | 09:08 WIB
header img
Ganjar Pranowo. (Foto: IST)

JAKARTA, iNewsSemarang.id - Hasil survei terbaru dari lembaga survei Saiful Mujani Research and Consulting (SMRC) menyebutkan Bakal Calon Presiden (Bacapres) PDIP Ganjar Pranowo dinilai publik memiliki kejujuran dan taat beragama. Temuan itu berdasarkan survei tatap muka bertajuk “Kualitas Personal Capres di Mata Pemilih” yang digelar pada 30 April-7 Mei 2023 oleh SMRC.

Direktur Riset SMRC, Deni Irvani menjelaskan, kualitas personal tokoh merupakan salah satu faktor yang dipertimbangkan pemilih dalam memutuskan calon presiden yang akan dipilih. 

“Semakin positif kualitas personal seorang calon, semakin besar pula peluangnya untuk dipilih,” kata Deni dalam keterangan tertulisnya, Senin (15/5/2023).

Deni menjelaskan, survei tersebut menunjukkan bahwa sifat atau kualitas kepemimpinan yang paling penting dimiliki oleh seorang calon presiden adalah kejujuran dan perhatian pada rakyat. 

Sebanyak 40,7 persen publik menilai kejujuran sebagai sifat kepemimpinan terpenting yang harus dimiliki seorang capres dan yang menyatakan perhatian pada rakyat 29,3 persen. Sementara sifat lainnya kurang terlalu penting bagi pemilih: tegas 12,6 persen; taat pada agama 12,2 persen; dan pintar 3,7 persen. Masih ada 1,4 yang belum menjawab.

“Terhadap lima kualitas personal tersebut, Ganjar dinilai lebih positif. Sedangkan Prabowo unggul dalam sifat tegas. Ganjar dan Anies Baswedan dalam perspektif publik memiliki sifat pintar dan taat beragama,” paparnya.

Terdapat 38 persen yang menilai Ganjar paling jujur, Prabowo 20 persen, Anies 19 persen, dan yang tidak punya pendapat sekitar 23 persen. 

Editor : Maulana Salman

Follow Berita iNews Semarang di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut