get app
inews
Aa Read Next : Teganya, Perempuan Cantik Ini Jual Teman Rp1,5 Juta ke Pria Hidung Belang

Inilah Penyiar TV Pertama di Indonesia, Cantik dan Bersuara Merdu Pilihan Presiden Soekarno

Sabtu, 20 Mei 2023 | 04:44 WIB
header img
Sus Salamun, perempuan cantik asal Solo, Jawa Tengah ini penyiar TV pertama di Indonesia yang dipilih Presiden Soekarno. Foto: Tangkapan layar Youtube

Sosok penyiar televisi (TV) pertama di Indonesia ini menarik untuk diulas. Dialah Sus Salamun, perempuan cantik bersuara merdu asal Solo, Jawa Tengah ini pernah mencuri perhatian Presiden Soekarno.

Sebelum menjadi penyiar TV pertama di Indonesia, Sus Salamun berkarier sebagai penyiar di Radio Republik Indonesia (RRI) Solo.  

Saat itu, TVRI yang baru mengudara menayangkan acara besar Asian Games IV yang dihelat di Jakarta. 

Ada kisah unik di balik terpilihnya Sus Salamun sebagai pembawa acara televisi pertama di Indonesia untuk acara Asian Games IV. Kisah tersebut diceritakan oleh pembawa acara senior Helmy Yahya di acara Panasonic Gobel Awards 2018. 

“Ceritanya begini, pada 23 Oktober 1961 Bung Karno yang pada saat itu ada di Wina, memerintahkan, mengirimkan pesan kepada Menteri Penerangan bapak R Maladi untuk segera mendirikan stasiun televisi sebagai bagian rangkaian atau sarana persiapan Asian Games yang berlangsung di Jakarta,” kisah Helmy Yahya, seperti dikutip dari kanal YouTube RCTI Entertainment, Rabu (6/10/2021). 

Tak hanya itu, Presiden Sokarno juga meminta kepada pengusaha radio, Thayeb Mohammad Gobel agar segera memproduksi 10.000 pesawat televisi untuk didistribusikan ke masyarakat Indonesia. Hal ini agar masyarakat ikut bisa menyaksikan pesta Asian Games IV yang dihelat di Jakarta. 

Dalam persiapan Asian Games, Presiden Soekarno juga melawat ke Solo bersama sang istri, Fatmawati. Di situ lah, dia bertemu dengan Sus Salamun yang saat itu masih menjadi penyiar di RRI Solo. 

Editor : Sulhanudin Attar

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut