get app
inews
Aa Read Next : Kisah Raja Sriwijaya Samaratungga dan Sejarah Pembangunan Candi Borobudur

Keberadaan 7 Harta Karun di Indonesia yang masih Jadi Misteri, Termasuk Peninggalan Soekarno

Minggu, 25 Desember 2022 | 08:18 WIB
header img
Ilustrasi harta karun (Foto: doc.MNC media)

JAKARTA, iNewsSemarang.id – Di Indonesia konon terdapat harta karun yang masih tersimpan. Namun, keberadaannya masih menjadi teka-teki hingga saat ini, karena belum seorang pun mampu menemukannya. Harta karun itu ada sejak zaman kerajaan, penjajahan sampai Indonesia merdeka.
 

Beragam harta karun yang masih menjadi misteri itu tersebar di daratan, laut hingga gunung di Tanah Air. Sejumlah usaha pernah dilakukan untuk mencari  keberadaan harta karun itu, tapi upaya pencarian belum membuahkan hasil.

 

Berikut harta karun yang diyakini masih tersembunyi di Indonesia:

 

1.Harta karun milik Kerajaan Majapahit

Majapahit merupakan salah satu kerajaan Nusantara yang memiliki wilayah kekuasaan cukup besar. Namun hingga kini, istana dari kerajaan ini masih belum ditemukan.

Selain istana, banyak yang menduga bahwa peninggalan lain juga masih terkubur di dalam tanah. Peninggalan-peninggalan tersebut bisa berupa koin dan perabotan yang terbuat dari emas.

 

2.Harta karun milik Kerajaan Sriwijaya

Selain Majapahit, kerajaan besar lainnya di Nusantara adalah Kerajaan Sriwijaya. Sebagai kerajaan yang sangat berpengaruh pada masanya diyakini banyak peninggalan yang bernilai sangat fantastis. Bahkan pada tahun 2009 silam, terdapat patung peninggalan Kerajaan Sriwijaya seharga Rp4 miliar ditemukan di sungai Musi. Dengan ditemukannya patung tersebut, masyarakat meyakini masih banyak harta lain dari kerajaan ini yang tersembunyi.

 

3.Harta karun milik penjajah Belanda

Masyarakat Indonesia percaya bahwa penjajah Belanda pernah menyimpan hartanya di gunung Salak saat Jepang masuk ke Indonesia atau tepatnya pada tahun 1942. Hal itu terjadi sebagai akibat dari ketakutan Belanda jika Jepang merampas harta mereka.

Setelah harta disimpan, Belanda justru tidak memiliki kesempatan untuk kembali ke gunung Salak dan mencari harta tersebut. Hingga kini, tidak ada yang mengetahui lokasi persis penyimpanan harta milik penjajah Belanda di gunung Salak.

 

4.Harta karun milik VOC

Sebelum akhirnya VOC bangkrut karena korupsi yang dilakukan oleh pegawainya, terdapat beberapa harta yang disimpan. Konon, harta tersebut disembunyikan di sekitar Jakarta.

Lokasi pastinya tidak diketahui, tetapi banyak yang meyakini keberadaannya di Pulau Onrust. Sayangnya, harta milik VOC itu masih menjadi peta harta karun yang belum terpecahkan di Indonesia sampai sekarang.

Editor : Maulana Salman

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut