get app
inews
Aa Read Next : Ganjar Pranowo Tawarkan 3 Solusi Kembalikan Independensi KPK, Apa Saja?

Cek Penanganan Stunting di Desa Karangsari Kendal, Ganjar; Kami Optimistis Bisa Turun

Kamis, 08 Juni 2023 | 17:42 WIB
header img
Ganjar meninjau penanganan stunting di Posyandu Desa Karangsari, Kecamatan Kendal, Kabupaten Kendal. (Ist)

Khusus untuk balita yang mendapatkan treatment stunting, Ganjar meminta agar pengawasan rutin terus dilakukan selama tiga bulan. Setelah itu, dilakukan pemeriksaan lagi apakah sudah lepas dari risiko stunting.

"Saya minta tiga bulan untuk mereka yang dikasih treatment stunting itu dipastikan terawasi dengan baik. Sehingga, kalau disiplin, insyaallah tiga bulan sudah kelihatan hasilnya atau selesai," katanya.

Melihat praktik yang ada di Desa Karangsari, Ganjar sangat optimis penurunan angka stunting di Jawa Tengah akan signifikan. Dengan catatan, praktik serupa dilakukan di daerah lain secara intens dalam tiga bulan terakhir.

"Kami optimis untuk menurunkan stuntingnya itu," ungkapnya.

Ganjar menambahkan, terkait penanganan stunting ini Pemerintah Provinsi Jawa Tengah sudah membuat program intervensi. Intervensi yang dilakukan sejauh ini sudah mendekati 100 persen dari jumlah angka stunting yang ada saat ini.

"Intervensi terus dilakukan dan kita akan lihat hasilnya. Khusus stunting, dalam tiga bulan akan kita lihat hasilnya. Ini juga sejalan dengan program penurunan angka kemiskinan ekstrem di Jawa Tengah," katanya.

Setelah meninjau penanganan stunting, Ganjar juga memberikan bantuan rumah tidak layak huni (RTLH) di desa itu. Bantuan diberikan kepada Mustaghfirin, warga RT07/RW05 Desa Karangsari, Kecamatan Kendal. Mustaghfirin merupakan ayah dari anak yang mendapatkan treatment stunting yang ditemui Ganjar di posyandu. 

Selain Mustaghfirin, bantuan RTLH juga diberikan kepada warga Desa Karangsari bernama Supriyanti. Baik Mustaghfirin maupun Supriyanti masing-masing menerima bantuan RTLH dari Baznas Jateng senilai Rp20 juta. Bantuan itu diserahkan langsung Gubernur Ganjar Pranowo.

Editor : Agus Riyadi

Follow Berita iNews Semarang di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut