Logo Network
Network

Fix, Sandiaga Uno Gabung PPP

Eka Setiawan
.
Sabtu, 10 Juni 2023 | 09:16 WIB
Fix, Sandiaga Uno Gabung PPP
Menparekraf Sandiaga Salahuddin Uno saat bersilaturahmi ke Ponpes Al Itqon di Pedurungan, Kota Semarang, Jumat (9/6/2023). Foto: MNC Portal/Eka Setiawan.

SEMARANG, iNewsSemarang.id - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno akhirnya melabuhkan pilihannya untuk bergabung ke Partai Persatuan Pembangunan (PPP). Hal itu pun disambut baik oleh pimpinan PPP Mardiono yang kemudian meminta agar Sandi sowan ke sejumlah pondok pesantren (ponpes).

Hal itu diungkapkan Sandiaga Uno saat mengunjungi Ponpes Al Itqon, Kampung Bugen, Kelurahan Tlogosari Wetan, Kecamatan Pedurungan, Kota Semarang, Jumat (9/6/2023). Kegiatan bertajuk “Silaturahim dan Dialog Tokoh Agama dan Santri”.

“Ya, PPP ini sudah ada kesamaan pemikiran,” kata Sandi ketika ditanyakan alasan dirinya mantap berlabuh di PPP.

Menurutnya, kedatangan Sandi di Ponpes Al Itqon Bugen Kota Semarang itu bagian dari “ospek” dirinya bergabung di partai politik berlambang Ka'bah itu. Sandi sebelumnya sudah lawatan ke beberapa ponpes di Indonesia.

“Berdasarkan arahan dari pimpinan PPP saya harus melewati beberapa proses ospek gitu ya, ini termasuk ospek yang sudah hampir berakhir, jadi ini menuju lulus ya,” ucapnya. 

Saat memberikan sambutan, Sandi mengatakan di Indonesia ada sekitar 27.000 ponpes dan jumlah santrinya sekitar 5 juta orang. Saat ditanyakan berapa ponpes yang akan dikunjunginya, Sandi mengatakan akan menurut perintah kiai.

“Saya kalau diperintah kiai semua, maka semua saya kunjungi satu per satu. Ada enam badan otonom di bawah PPP yang harus saya kunjungi, dan beberapa sudah saya jajaki, GPK (Gerakan Pemuda Ka’bah) yang terakhir. Tapi nanti juga ada beberapa yang ditugaskan oleh ketua umum, harapannya mudah-mudahan ini bisa rampung dalam beberapa minggu ke depan,” katanya. 

Pada kunjungan di Ponpes Al Itqon Bugen Kota Semarang, Sandi sempat salat berjamaah di Gedung Pondok Putra. Sandi menjadi makmum, imamnya KH Haris Sodaqoh selaku pengasuh utama ponpes.

Sementara saat kegiatan silaturahmi, dilakukan di gedung olahraga (GOR) ponpes setempat. Ada ratusan santri dan santriwati yang hadir, termasuk pula Wakil Ketua DPW PPP Jateng Istajib, Ketua DPC PPP Kota Semarang Fatchur Rohman.

Hadir pula Sekretaris Komisi B DPRD Jateng dari PPP M Ngainirrichardl, KH Fadlolan Musyafa selaku Ponpes Fadhlul Fadhlan Mijen Semarang dan KH Ubaidillah Sodaqoh selaku Rois Syuriah Pengurus Wilayah Nahdlatul Ulama Jawa Tengah.

Follow Berita iNews Semarang di Google News

Halaman : 1 2
Bagikan Artikel Ini