get app
inews
Aa Read Next : 2 Desa di Demak Masih Tergenang Banjir

Tangani Banjir, Pemkot Semarang Tambah Pompa Air

Senin, 12 Juni 2023 | 19:00 WIB
header img
Wali Kota Semarang Hevearita Gunaryanti Rahayu saat meninjau rumah pompa di kali Tenggang. (Ist)

SEMARANG, iNewsSemarang.id - Pemerintah Kota Semarang menunjukkan keseriusan dalam upaya untuk menyelesaikan persoalan banjir khususnya di wilayah Semarang Timur yakni melalui penguatan sistem drainase

Tidak sendiri, Pemkot Semarang melalui Dinas Pekerjaan Umum atau DPU memperoleh dukungan penuh dan kolaborasi dengan BBWS Pemali – Juana yang mengelola sejumlah Daerah Aliran Sungai atau DAS di kota Semarang. 

“Kita itu intinya kolaborasi, Pemkot Semarang tidak dapat bergerak sendiri karena membutuhkan juga pola kerja sama salah satunya dengan BBWS. Alhamdulillah, kolaborasi lintas instansi ini berjalan on the right track,” terang Wali kota Semarang, Hevearita Gunaryanti Rahayu belum lama ini.

Baik BBWS Pemali Juana maupun Pemkot Semarang saling berbagi peran, sehingga program dan kegiatan seperti pengerukan sedimentasi, penambahan unit pompa dan pembuatan tanggul hingga kolam retensi dapat berjalan dengan baik.

Penambahan pompa dan pintu air menjadi salah satu kunci dalam penguatan drainase tersebut. Setidaknya demikian yang terjadi di sub sistem Kali Tenggang, ada penambahan 6 pintu air di Rumah Pompa Tenggang. 

Jika semula hanya ada 2 pintu, kini BBWS telah membangun sehingga terdapat 8 pintu air. Hal tersebut akan semakin diperkuat dengan penambahan 4 unit pompa di kolam retensi Muktiharjo Kidul yang setiap unitnya berkapasitas 1.500 liter / detik.

Editor : Agus Riyadi

Follow Berita iNews Semarang di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut