get app
inews
Aa Read Next : Gempa Bumi M3,5 Guncang Bogor Pagi Ini

Deretan Fakta Kasus Bayi Tertukar, 15 Perawat RS Sentosa Bogor Dinonaktifkan

Sabtu, 26 Agustus 2023 | 11:39 WIB
header img
Kapolres Bogor AKBP Rio Wahyu Anggoro umumkan tes DNA bayi tertukar di Bogor. (Foto MPI).

BOGOR, iNewsSemarang.id - Siti Mauliah, penduduk Kecamatan Ciseeng, Kabupaten Bogor, mengalami insiden yang kurang menyenangkan ketika bayinya tertukar setelah dilahirkan di RS Sentosa Bogor pada 18 Juli 2022.

Siti kemudian melakukan tes DNA terhadap bayi tersebut di Jakarta, dan hasilnya menunjukkan bahwa bayi tersebut bukanlah anaknya.

Baru-baru ini, terungkap bahwa bayi Siti telah tertukar dengan anak dari pasien yang dikenal dengan inisial D. Hasil tes DNA silang yang diumumkan oleh pihak kepolisian pada Jumat (25/8/2023) memperkuat fakta ini.

Berikut ini adalah deretan fakta mengenai kasus bayi tertukar di Bogor seperti yang telah dirangkum oleh iNews.id pada Sabtu (26/8/2023).

1. Laporan Siti Mauliah ke Polisi

Siti Mauliah melaporkan insiden bayi tertukar ini kepada Unit PPA Polres Bogor melalui kuasa hukumnya, Rusdy Ridho. Laporan ini diajukan setelah upaya mediasi dengan pihak rumah sakit tidak memberikan hasil yang diharapkan.

2. Awal Kejanggalan Terungkap

Siti mengakui bahwa dia telah merasakan kejanggalan sejak mengurus administrasi sebelum pulang dari rumah sakit setelah melahirkan. Dia merasakan perbedaan fisik pada bayi tersebut.

3. Polisi Bentuk Tim Gabungan

Untuk menyelesaikan masalah bayi tertukar di Bogor, pihak kepolisian membentuk tim gabungan yang terdiri dari berbagai satuan. Tim ini bertujuan untuk mencari kejelasan mengenai peristiwa ini dan mengetahui di mana sebenarnya keberadaan bayi yang diduga tertukar.

4. Sanksi Bagi Perawat RS Sentosa Bogor

RS Sentosa Bogor memberikan sanksi kepada 15 perawat yang terlibat dalam kasus bayi tertukar. Mereka diberhentikan sementara dari tugas mereka.

5. Penyebab Bayi Tertukar: Gelang

Dugaan penyebab tertukarnya bayi di RS Sentosa Bogor adalah penggunaan gelang. Perawat diduga melakukan kelalaian terkait gelang tersebut.

6. Pemeriksaan Nakes RS Sentosa Bogor

Tujuh tenaga kesehatan dari RS Sentosa Bogor diperiksa oleh penyidik Polres Bogor terkait kasus ini. Mereka dimintai keterangan mengenai peristiwa tersebut.

7. Tes DNA Silang Ibu Bayi

Siti Mauliah dan ibu dari pasien D menjalani tes DNA silang di Puslabfor Mabes Polri. Ini merupakan langkah untuk mengklarifikasi kasus bayi tertukar di RS Sentosa Bogor.

8. Pengumuman Hasil Tes DNA

Polisi akhirnya mengumumkan hasil tes DNA antara keluarga Siti Mauliah dan pasien D. Bayi laki-laki yang dirawat oleh kedua keluarga selama setahun tersebut memang benar-benar tertukar di RS Sentosa Bogor.

9. Penyelidikan Terkait Kelalaian

Pihak kepolisian masih menyelidiki dugaan kelalaian dari pihak RS Sentosa Bogor terkait kasus ini. Mereka berusaha mencari jawaban lebih lanjut mengenai peristiwa ini.

10. Momen Haru: Ibu Bayi Berpelukan

Setelah hasil tes DNA diumumkan, momen mengharukan terjadi saat ibu dari kedua bayi yang tertukar ini berpelukan. Keduanya tak kuasa menahan air mata usai pengumuman tersebut.

Demikianlah ringkasan mengenai kasus bayi tertukar di Bogor. Semua pihak berharap agar masalah ini dapat segera teratasi dan kejelasan dapat ditemukan dalam waktu dekat.

Editor : Maulana Salman

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut