get app
inews
Aa Read Next : PSIS Semarang Perpangjang Kontrak Gali Freitas hingga 2026

Paulo Gali Pembobol Gawang Timnas Indonesia, Top Skor AFF dan Pernah Terindikasi Pamalsuan Umur

Kamis, 27 Januari 2022 | 22:46 WIB
header img
Paulo Gali Freitas, pembobol gawang Timnas Indonesia, selain pernah menjad top skor Piala AFF U-15 tahun 2019, juga pernah terindikasi pemalsuan umur. Foto: IST

SEMARANG, iNews.id – Tim Nasional (Timnas) Timor Leste sempat memimpin pertandingan di babak pertama dengan keunggulan 1-0 atas Indonesia pada laga FIFA Matchday di Stadion Kapten I Wayan Dipta, Bali, Kamis (27/1/2022). Gol pembuka itu dicetak oleh Paulo Domingos Gali Da Costa Freitas pada menit ke-35 melalui tendangan cungkilnya.

Namun anak asuh Shin Tae-yong segera membalas pada babak kedua melalui gol yang dicetak Ricky Kambuaya pada menit ke-65 dan disusul gol Pratama Arhan pada menit ke-73. Kedudukan berbalik arah, Timnas Indonesia unggul dengan skor 2-1.

Selang tiga menit kemudian, Arhan kembali menjadi momok bagi Timor Leste. Lemparan ke dalam jarak jauhnya salah diantisipasi kiper Timor Leste sehingga bola pun masuk ke gawang sendiri. Indonesia kini unggul 3-1.

Blunder kembali terjadi di kotak terlarang Timor Leste pada menit ke-79. Gol bunuh diri kembali terjadi setelah umpan lambung Arhan salah diantisipasi sehingga Skuad Garuda menjauh 4-1. Akhirnya, Timnas Indonesia pun menang telak 4-1 meski tertinggal lebih dulu.

 

Kontroversi Paulo Gali Freitas

 

Paulo Domingos Gali Da Costa Freitas atau Paulo Gali menjadi sorotan di kalangan anggota AFF di Asia Tenggara. Timor Leste diduga memalsukan umur pemain ini saat bermain di kategori U-15 pada piala AFF 2019 yang digelar di Thailand. Kala itu, ia diklaim masih berusia 15 tahun.

Meski disorot dengan kabar miring, namun harus diakui prestasinya luar biasa. Paulo Gali tercatat sebagai top skor dengan koleksi tujuh gol. Hebatnya, pemain yang seangkatan Marselino Ferdinan ini mengemas tujuh gol hanya dari lima pertandingan di fase grup.

Editor : Sulhanudin Attar

Follow Berita iNews Semarang di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut