get app
inews
Aa Read Next : Viral Pengendara Motor dan Mobil Towing Cekcok di Ungaran, Diduga karena Senggolan

Seribu Sajen untuk Nusantara, Kenalkan Candi Gedongsongo sebagai Destinasi Wisata Budaya

Rabu, 02 Februari 2022 | 01:42 WIB
header img
Para pegiat dan pemerhati budaya menggelar Ritual Seribu Sajen untuk Nusantara di lokawisata Gedong Songo, Kabupaten Semarang, Selasa (1/2/2022). Foto: Istimewa

SEMARANG, iNews.id – Sedikitnya 250 peserta mengikuti doa lintas agama dan lintas budaya yang dikemas dalam acara “Seribu Sajen untuk Nusantara” di lokawisata Candi Gedongsongo, Kecamatan Bandungan, Kabupaten Semarang, Selasa (1/2/2022).

Kegiatan dimulai sejak pukul 09.00 WIB. Tampak setiap peserta mengenakan pakaian adat dengan membawa sesajen berupa bunga dan dupa. Mereka berkumpul di pelataran Candi Gedongsongo.


Sesajen berupa bunga dan dupa dalam ritual kebudayaan bertajuk "Seribu Sajen untuk Nusantara".

 

Menurut pemangku adat Gedongsongo, Sarwan, kegiatan ini berangkat dari keresahan para pelaku dan pemerhati budaya terhadap fenomena generasi penerus bangsa yang sudah tidak peduli dengan jatidiri bangsa yang telah diwariskan oleh para leluhurnya.

“Kegiatan kami kemas dalam bentuk wisata religi sebagai upaya penyadaran anak-anak Nusanatara, agar ingat kembali dan mau melestarikan adat budaya leluhur Nusantara,” ungkap Mbah Gimbal, sapaan Tetua Adat Candi Gedongsongo itu.

Editor : Sulhanudin Attar

Follow Berita iNews Semarang di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut