get app
inews
Aa Read Next : Ketua KPU Disanksi Bawaslu karena Terbukti Gelembungkan Suara Partai Golkar

KPU Kota Semarang Mulai Sortir dan Lipat Surat Suara, Sebanyak 525 Tenaga Dikerahkan

Rabu, 03 Januari 2024 | 18:12 WIB
header img
Pelaksanaan penyortiran dan pelipatan surat suara oleh tenaga sortir lipat di Gudang Logistik KPU Kota Semarang, Rabu (3/1/2024). Foto: iNews / Mualim

Kemudian, lanjutnya, setelah dilipat, sebelum dikembalikan surat suara akan dicek dulu oleh tim pengawasnya untuk memastikan kesesuaian jumlahnya. Lalu setelah dilipat dikumpulkan dalam ikatan. 

"Jadi kalau surat suara DPR (DPRD) itu isi 10, kalau untuk Presiden dan DPD isi 25, apakah jumlahnya sama. Karena memang fokus kita adalah memastikan bahwa semua surat suara itu dalam keadaan baik, mereka harus membuka dulu, melihat apakah itu gambarnya ada yang buram atau warnanya ada yang salah, apakah ada yang cacat, misalnya ada bekas bolong dan lain sebagainya, setelah itu dilaksanakan baru kemudian dilipat," jelasnya.

Ia menargetkan sortir lipat surat suara Pemilu 2024 sebanyak 3000 surat suara per hari per tim atau kelompok, dengan jumlah tim sebanyak 105 dan 1 tim memiliki anggota sebanyak 5 orang.

"Pelaksanaannya dari jam 9 sampai jam 4 sore. Tapi inikan hari pertama, dari hasil estimasi kita harusnya cukup waktunya. Tapi nanti kita lihat, apakah terlalu lama atau jangan-jangan terlalu cepat," jelas Nanda.

Dan dipastikan pula untuk keamanan, imbuhnya, setelah selesai mengerjakan penyortiran dan pelipatan surat suara, tenaga sortir lipat yang akan keluar ruangan, akan digeledah lagi untuk memastikan apakah mereka membawa barang-barang yang harusnya tidak dibawa oleh para tenaga sortir lipat tersebut.

Editor : Maulana Salman

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut