get app
inews
Aa Read Next : Viral Khatib Salat Idul Fitri di Bantul Khotbah Singgung Pemilu Curang Bikin Jemaah Bubar

Berikut Teks Khutbah Jumat Singkat Menyambut Bulan Rajab 2024

Jum'at, 12 Januari 2024 | 06:56 WIB
header img
Masjid Agung Jawa Tengah. Foto dok MAJT

Fakta bahwa Rajab adalah bulan Allah berarti layak dihormati dan diagungkan, Rasulullah Muhammad saw sangat menghormati bulan Rajab ini. Bahkan ketika bulan Rajab datang beliau akan mencari berkah, dengan memanjatkan doa:

 اَلَّلهُمَّ بَارِكْ لَنَا في رَجَبَ وَ شَعْبَانَ وَ بَلِّغْنَا رَمَضَانَ 

“Ya Allah berkati kami di bulan Rajab dan Sya’ban dan semoga kami bisa sampai pada Ramadhan”. (Imam Ahmad). 

Rajab adalah kunci dari bulan-bulan terbaik yang datang mengikuti sesudahnya. Abu Bakr Al-Balkhi rahimahullah berkata.
 شَهْرُ رَجَبٍَ شَهْرُ الزَّرْعِ وَشَهْرُ شَعْبَانَ شَهْرُ سَقْيِ الزَّرْعِ وَشَهْرُ رَمَضَانَ شَهْرُ حِصَادِ الزَّرْعِ 

“Bulan Rajab bulan (saatnya) menanam. Bulan Sya’ban bulan (saatnya) menyiram tanaman dan bulan Ramadhan bulan (saatnya) menuai hasil.” (Lihat Fatwa Al-Islam Sual wa Jawab) Beliau juga berkata, “Rajab seperti angin, Sya’ban adalah awan mendung, dan Ramadhan hujannya”.

Lanjutan Khutbah I 

Ma’asyirol muslimin, hafidhokumulloh 

Di bulan Rajab kedua orang tua Rasulullah, Sayyid Abdulloh dan Sayyidah Aminah, menikah dan di bulan yang sama pula ibunda Sayyidah Aminah hamil janin manusia pilihan terbaik (sayyidul anam, sayidul mursalin, insanun kamil) yang pernah diciptakan Allah di muka bumi ini, yaitu baginda Muhammad Shollallohu ‘Alaihi wa Alihi wa Shohbihi wa Sallam. Dari para ulama kita tahu bahwa Isra’ Mi’raj, perjalanan yang fenomenal dan sekalisus spektakuler, juga terjadi pada malam 27 Rajab. Itulah malam dimana Rasulullah menerima kemuliaan teragung yang pernah diberikan kepada ciptaanNya. 

Malam pertama bulan Rajab, kita disarankan untuk fokus beribadah kepada Allah. Malam satu Rajab adalah salah satu malam yang mustajab bagi doa sebagaimana hal itu ditegaskan oleh Imam Syafi’i dalam kitab al-Umm:

 بَلَغَنَا أَنَّهُ كَانَ يُقَالُ: إِنَّ الدُّعَاءَ يُسْتَجَابُ فِي خَمْسِ لَيَالٍ: فِي لَيْلَةِ الْجُمُعَةِ، وَلَيْلَةِ الْأَضْحَى وَلَيْلَةِ الْفِطْرِ وَأَوَّلِ لَيْلَةٍ مِنْ رَجَبٍ، وَلَيْلَةِ النِّصْفِ مِنْ شَعْبَانَ 

Maknanya: “Telah sampai berita pada kami bahwa dulu pernah dikatakan: Sesunguhnya doa dikabulkan pada lima malam: malam Jumat, malam hari raya Idul Adlha, malam hari raya Idul Fithri, malam pertama bulan Rajab dan malam nishfu Sya’ban.” 

Ma’asyirol muslimin, hafidho kumulloh

Editor : Maulana Salman

Follow Berita iNews Semarang di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut