get app
inews
Aa Read Next : Viral Mahasiswi Undip Penerima KIP Kuliah Mengundurkan Diri usai Dirujak Netizen, Ini Penyebabnya

Viral Khatib Salat Idul Fitri di Bantul Khotbah Singgung Pemilu Curang Bikin Jemaah Bubar

Jum'at, 12 April 2024 | 13:10 WIB
header img
Tangkapan layar jemaah mendadak membubarkan diri saat Salat Idul Fitri 1 Syawal 1445 Hijriah saat khatib membawakan khutbah menyinggung pemilu di Lapangan Tamanan Banguntapan, Kabupaten Bantul, DIY. (Foto: Twitter @merapi_uncover)

BANTUL, iNewsSemarang.id – Beredar video momen jemaah meninggalkan lokasi Salat Idul Fitri ketika khatib menyampaikan ceramah menyangkut pemilu curang dan viral di media sosial.

Keejadian tersebut berlangsung di Lapangan Tamanan, Kapanewon Banguntapan, Kabupaten Bantul, DIY, Rabu (10/4/2024). Video viral ini diunggah akun X @merapi_uncover dengan menyertakan dua buah video. Pertama, menampilkan sejumlah jemaah meninggalkan lapangan tempat Salat id. 

Kedua menunjukkan sosok khatib dengan ceramahnya yang menyinggung kecurangan pemilu melibatkan pejabat negara.

"Sholat ied di lapangan Tamanan Bantul lagi rame lur, khotbah politik ditinggal bubar jamaah," tulis @merapi_uncover dikutip Jumat (12/4/2024). Isi khotbah dari khatib tersebut antara lain berbunyi.

"Oleh para pejabat negara, menjadi sangat lebih memalukan dan memuakkan karena kecurangan dalam pemilu yang dinilai banyak pihak terburuk dalam sejarah Indonesia. Ironisnya problematika pelanggaran pemilu yang sering disebut terjadi secara terstruktur, sistematis dan masif terjadi justru terkait dengan perilaku Joko Widodo sebagai Presiden RI, sebagaimana yang tersebar luas di media sosial dan surat kabar," kata sosok khatib dalam video tersebut. 

Samar-samar terdengar riuh dari arah para jemaah saat khatib tersebut menyampaikan khotbahnya. "Sebab itu mereka yang dulu merasa sebagai pemilihnya, sebaiknya istighfar karena pilihannya telah membuat kecewa banyak pihak. Bangsa kita adalah bangsa yang besar," katanya. 

Menanggapi video viral tersebut, Kepala Kantor Kemenag Bantul Ahmad Shidqi mengaku telah menelusurinya. Dia menyebut Salat Idul Fitri yang berlangsung di Lapangan Tamanan tersebut diselenggarakan panitia Peringatan Hari Besar Islam (PHBI) setempat.

Editor : Ahmad Antoni

Follow Berita iNews Semarang di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut