get app
inews
Aa Read Next : Warga Senang Presiden Jokowi Tinjau Pembangunan Tanggul Laut di Semarang, Berharap Cepat Selesai

Tinjau Pembangunan Sheet Pile Tambak Lorok, Vino: Solusi Atasi Banjir Rob Laut di Pesisir Semarang

Minggu, 14 Januari 2024 | 16:36 WIB
header img
Mas Vino saat meninjau pembangunan sheet pile tahap II di Tambak Mulyo dan Tambak Rejo Kawasan Tambak Lorok Semarang.(ist)

 

SEMARANG, iNewsSemarang.id - Anggota Komisi V DPR RI Fraksi PDI Perjuangan, Mochamad Herviano Widyatama meninjau pembangunan sheet pile tahap II di Tambak Mulyo dan Tambak Rejo Kawasan Tambak Lorok, Kelurahan Tanjung Mas, Kecamatan Semarang Utara, Kota Semarang, Jawa Tengah, Jumat (12/1/2024).

Menurut Herviano, pembangunan sheet pile ini sangat penting sebagai solusi untuk mengatasi banjir rob yang datang setiap tahun di wilayah pesisir Semarang.

“Harapannya sheet pile bisa berfungsi sebagaimana mestinya. Sehingga masyarakat di sini yang berjumlah kurang lebih 11.056 jiwa, bisa bebas dari banjir dan air pasang laut atau rob,” kata Herviano.

Herviano menjelaskan, sheet pile Tambak Lorok dapat melindungi kawasan seluas 55,99 hektar dari banjir dan rob, melindungi kawasan dari abrasi pantai sepanjang 2.120 meter, dan mendukung pengembangan wisata bahari di wilayah tersebut.

Ketua Umum Banteng Muda Indonesia itu, juga mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang telah membantu pelaksanaan pembangunan sheetpile dengan pembiayaan bersumber APBN senilai lebih dari Rp225 miliar.

“Saya mengucapkan terima kasih kepada Wali Kota Semarang, Mbak Ita dan Balai Besar Wilayah Sungai (BBWS) Pemali-Juana yang telah bersinergi guna memperjuangkan aspirasi masyarakat ini,” ujar Herviano.

Dalam kunjungan kerja ke kampung nelayan ini, Herviano yang biasa disapa Mas Vino, didampingi Wali Kota Semarang, Hevearita Gunaryanti Rahayu, Kepala BBWS Pemali-Juana, Dr. Harya Muldianto, ST.MT, tokoh pemuda, dan tokoh masyarakat Tambaklorok.

Pada kesempatan itu, walikota Semarang, Hevearita Gunaryanti Rahayu, mengucapkan terima kasih kepada Herviano. Sebab anggota DPR RI dari fraksi PDI Perjuangan tersebut, telah banyak membantu perkembangan pembangunan kota Semarang.

"Saya mengucapkan terima kasih kepada Mas Herviano atas perjuangannya untuk membangun tanggul sheetpile ini sehingga warga di kawasan Tambak Lorok sudah tidak kebanjiran lagi", ujar Walikota Semarang, Dr. Ir. Hj. Hevearita G. Rahayu, M.Sos.

Sebagai informasi pembangunan sheet pile sudah mulai dibangun mulai sejak 10 Desember 2022 dan diperkirakan selesai Mei 2024.

 

 

 

 

 

 

 

 

Editor : Agus Riyadi

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut