get app
inews
Aa Read Next : Puncak Hari Anak Nasional 2024 di Kota Semarang: Anak Hebat, Siap Lawan Stunting

Masyarakat Tak Perlu Khawatir Efek Samping Vaksinasi Polio

Rabu, 17 Januari 2024 | 05:26 WIB
header img
Direktur RSD KRMT Wongsonegoro Semarang Eko Krisnarto. (IST)

"Jangan takut terhadap efek samping atau komplikasi, hampir tidak ada KIPI vaksinasi polio. Ini program pemerintah, vaksinnya baru semuanya jadi relatif aman dan tidak menimbulkan efek samping pada anak," katanya.

Sebelumnya, pemberian vaksin polio serentak dilakukan di seluruh Indonesia mulai 15 Januari hingga 21 Januari 2024. Di Kota Kota Semarang, Wali Kota, Hevearita Gunaryanti Rahayu melakukan kick off atau titik awal pemberian vaksin dalam rangka pencegahan lumpuh layu di kawasan Graha Padma, Kecamatan Semarang Barat, Senin (15/1/2024). 

Mbak Ita, sapaan akrabnya memberikan tetesan vaksin secara langsung kepada anak-anak sekolah sebagai tanda dimulainya program vaksinasi polio di Ibu Kota Jawa Tengah. 

"Hari ini 15 Januari 2024, serentak dilakukan pemberian vaksin polio di seluruh Indonesia. Saya minta acara dilangsungkan sebagai kick off atau titik awal pemberian vaksin dalam rangka pencegahan lumpuh layu untuk generasi emas," ujar Mbak Ita di Sport Center Graha Padma, Kota Semarang. 

Ada 136 anak Sekolah Dasar (SD) dan TK yang menerima vaksin polio di hari pertama. "Total vaksin polio akan diberikan pada 202 ribuan anak di Kota Semarang," ujarnya. 

Mbak Ita berharap, pemberian vaksin polio ini bisa mencegah anak-anak generasi emas dari lumpuh layu. "Sejauh ini tidak ada kasus lumpuh layu di Kota Semarang dan harapannya tidak ada kasus ke depan," tuturnya. 

"Kemarin kan di Klaten. Dengan adanya temuan itu, dilakukan serentak. Kadang orang tua merasa anaknya sehat, sehingga lupa (vaksin)," ujarnya, lagi.

Wali Kota Semarang perempuan pertama itu mengimbau seluruh masyarakat yang memiliki anak 0 - 7 tahun segera mengikuti vaksin polio.
 

Editor : Maulana Salman

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut