get app
inews
Aa Read Next : Airlangga Klaim Bansos Dirapel Jelang Pemilu karena Alasan Efisiensi Biaya Penyaluran

Jumlah Pengangguran di Indonesia 7,86 Juta Orang, Pencari Kerja 4 Juta Orang

Selasa, 23 Januari 2024 | 17:01 WIB
header img
Ilustrasi para pencari kerja. Foto : Istimewa

JAKARTA, iNewsSemarang.id - Jumlah angkatan kerja di Indonesia terus meningkat tajam. Sementara dalam setahun, angka pencari kerja mencapai 4 juta orang. Secara agregat, pengangguran alias belum bekerja mencapai 5,32 persen atau setara 7,86 juta orang.

Sementara, jumlah orang yang sedang pekerja berada di posisi 147 juta. "Dan kalau kita lihat lapangan kerja kita terus meningkat, satu tahun sekitar 4 juta angkatan kerja yang perlu masuk lapangan kerja. 

Dan secara keseluruhan angkatan kerja kita yang bekerja adalah 147 juta orang dan jumlah yang belum bekerja masih sekitar 5,32 persen," ujar Menteri Koordinator Bidang Perekonomian (Menko Perekonomian) Airlangga Hartarto saat konferensi pers, Jakarta Pusat, Selasa (23/1/2024).

Lantas, apa strategi pemerintah untuk menekan jumlah pengangguran dan meningkatkan jumlah lapangan pekerjaan? Airlangga memandang satu dari sekian banyak strategi untuk menekan angka pengangguran di Indonesia melalui pelaksanaan program Kartu Prakerja

Pasalnya, program ini dinilai bisa meningkatkan upskilling dan reskilling peserta atau masyarakat yang terlibat di dalamnya. Karena itu, pemerintah terus mendorong pelaksanaan Kartu Prakerja. 

Editor : Maulana Salman

Follow Berita iNews Semarang di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut