get app
inews
Aa Read Next : Kabar Baik! Hari Ini Rupiah Kembali Menguat ke Rp16.220 per Dolar AS

Nilai Tukar Rupiah Hari Ini Melemah, Dekati Rp16.000 per Dolar AS

Rabu, 24 Januari 2024 | 16:31 WIB
header img
ilustrasi rupiah dan Dolar AS. Foto: iNews.id

JAKARTA, iNewsSemarang.id - Nilai tukar (kurs) rupiah sore ini kembali ditutup melemah 76 poin ke level Rp15.713. Sebelumnya rupiah melemah di level Rp15.637 per dolar AS

Pengamat pasar uang Ibrahim Assuaibi mengatakan, penguatan dolar AS karena Greenback menandai awal yang kuat di tahun 2024 karena data inflasi dan pasar tenaga kerja yang kuat membuat para pedagang sebagian besar mengurangi ekspektasi penurunan suku bunga lebih awal oleh The Fed.

Gagasan ini diperburuk oleh serangkaian komentar hawkish dari pejabat Fed selama seminggu terakhir. "Pelaku pasar sangat menantikan rilis Indeks Manajer Pembelian (PMI) awal hari ini dan laporan Produk Domestik Bruto (PDB) yang akan dirilis besok," tulis Ibrahim dalam risetnya, Rabu (24/1/2024).

Indikator-indikator ini diharapkan dapat memberikan wawasan mengenai kesehatan perekonomian AS dan berpotensi mempengaruhi sikap Federal Reserve terhadap kebijakan suku bunga. 

Menurut FedWatch Tool CME, diperkirakan tidak ada perubahan langsung terhadap kebijakan suku bunga Federal Reserve pada pertemuan akhir Januari mendatang.

Tanda-tanda ketahanan pertumbuhan ekonomi dan inflasi memberi The Fed lebih banyak dorongan untuk mempertahankan suku bunga lebih tinggi dalam jangka waktu lebih lama. 

Editor : Maulana Salman

Follow Berita iNews Semarang di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut