get app
inews
Aa Read Next : Wali Kota Semarang Sebut TMMD Jadi Upaya Penanganan Banjir saat Musim Kemarau

Wali Kota Semarang Launching Puluhan Ribu Karya Literasi Siswa Hasil Binaan MKKS SMP

Kamis, 25 Januari 2024 | 16:22 WIB
header img
Wali Kota Semarang Hevearita G Rahayu melaunching puluhan ribu karya literasi siswa SMP. (IST)

“Akan ada beasiswa dan dukungan pemerintah dalam menggelar pameran, sehinga banyak mestinya yang kita dorong. Karena ini anak-anak yang bisa memberikan atensi dan pencerahan kepada teman sebayanya,” ujarnya. 

Di sisi lain, Mbak Ita juga berpesan, selain mengasah pengetahuan dan kemampuan, anak-anak atau para pelajar juga harus peka terhadap lingkungan sekitar. Menurutnya, ini juga hal yang penting dalam membangun karakter sejak dini. 

“Jadi tidak semata-mata anak diminta membuat literasi, tetapi dorong bagaiamana anak-anak peka terhadap lingkungannya. Misal, apabila ada kasua kenakalan remaja atau persoalan lainnya bisa melapor karena ada aplikasi Libas. Tapi saya harap dengan adanya kegiatan penguatan profil pelajar Pancasila, bisa mengurangi. Tapi kami memang melihat masih lah ada namanya tawuran, meski bisa diminimalisir dan menjadi perhatian,” ucap dia. 

Sementara itu, Kepala Disdik Kota Semarang, Bambang Pramusinto menerangkan, total ada 57 ribu karya literasi yang dihasilkan dari peserta didik dan Guru dan Tenaga Kependidikan (GTK) Kota Semarang. Bambang menjelaskan, jika kegiatan ini dilatarbelakangi keinginan untuk meningkatkan kualitas pendidikan di Kota Semarang. 

“Hasil dari Ngopi Bareng (Ngobrol Penting Satekholder Pendidikan Kota Semarang) kita mengharapkan guru-guru dan anak pelajar bisa membuat satu inovasi. Makanya hari ini kita bisa melaunching 57 ribu lebih karya anak-anak khususnya pelajar SMP negeri-swasta di Kota Semarang,” paparnya. 

Selanjutnya, pihaknya berencana bakal melibatkan pelajar SD dalam kegiatan dengan tujuan agar membangun karakter. Sehingga diharapkan anak-anak di Kota Semarang mampu berpikir dan bertindak dengan baik.

“Kita akan dorong juga untuk anak-anak SD ya, kegiatan yang kecil-kecil saja gapapa. Mereka kami dorong agar berinovasi, sehingga diharapkan bisa peka terhadap lingkungan,” ujarnya.
 

Editor : Maulana Salman

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut