get app
inews
Aa Read Next : DPP PDIP: Jokowi dan Gibran Bukan Lagi Kader Partai

1,9 Juta Pengusaha Perempuan di Jateng Dapat Bantuan Akses Modal dari PNM

Selasa, 30 Januari 2024 | 08:29 WIB
header img
Sebanyak 1,9 juta perempuan pengusaha di Jateng dapat bantuan akses permodalan dari PNM. (IST)

MAGELANG, iNewsSemarang.id - Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyapa 2.700 nasabah Permodalan Nasional Madani (PNM) di Stadion Gemilang, Kabupaten Magelang, Senin (29/1/2024).

Ribuan nasabah tersebut merupakan perempuan pelaku usaha UMKM yang tergabung dalam program Membina Keluarga Sejahtera (Mekaar).

Pengusaha perempuan di Jateng yang menjadi nasabah aktif PNM tercatat sebanyak 1,9 juta. Khusus di Kabupaten Magelang total mencapai 64 ribu nasabah aktif. Mereka rata-rata mendapatkan pembiayaan mulai Rp4 jutaan dengan cicilan Rp 100.000 per pekan.

Bantuan akses permodalan dari PNM merupakan stimulan yang diberikan oleh pemerintah untuk menaikkan kelas pelaku UMKM, khususnya pengusaha perempuan. Permodalan itu juga untuk meningkatkan kesejahteraan keluarga.

"Pelaku UMKM di  Magelang sudah banyak yang mengikuti PNM sejak 2016. Sekarang lebih dipermudah dengan adanya kerja sama PNM dengan BRI," kata Pj Gubernur Jateng Nana Sudjana usai mendampingi kunjungan kerja Presiden.

Nana menjelaskan, ada penekanan yang diberikan kepada para pengusaha untuk dapat meningkatkan usahanya atau naik kelas. Di antaranya adalah kedisiplinan, kejujuran, dan kerja keras.

Presiden Jokowi mengatakan, kegiatan yang dilakukan pada siang itu  adalah pertemuan yang pertama setelah empat tahun absen bertemu dan menyapa nasabah PNM. Terakhir ia bertemu dan memberikan semangat pada tahun 2019.

Editor : Maulana Salman

Follow Berita iNews Semarang di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut