get app
inews
Aa Read Next : DPP PDIP: Jokowi dan Gibran Bukan Lagi Kader Partai

1,9 Juta Pengusaha Perempuan di Jateng Dapat Bantuan Akses Modal dari PNM

Selasa, 30 Januari 2024 | 08:29 WIB
header img
Sebanyak 1,9 juta perempuan pengusaha di Jateng dapat bantuan akses permodalan dari PNM. (IST)

"Saya melihat semangatnya tadi. Masih semangat 45. Saya senang karena pada tahun 2015 (saat PNM pertama diluncurkan) penyaluran pembiayaan sekitar Rp800 miliar untuk 400 ribuan nasabah. Sekarang yang aktif (se-Indonesia) sudah 15,2 juta nasabah dengan total Rp 237 triliun sudah disalurkan kepada nasabah," katanya.

Menurut Jokowi, kunci sukses seorang pengusaha adalah kedisiplinan dan kerja keras. Nasabah PNM dinilai memiliki kedisiplinan dan kerja keras yang sangat tinggi. Kedisiplinan itu dilihat dari hampir 100 persen nasabah PNM tertib dalam membayar cicilan.

"Di sini hanya 0,5 persen yang tidak bisa mengembalikan. Kuncinya ya disiplin itu, lalu kerja keras. Tidak ada (pengusaha) kalau tidak disiplin bisa naik kelas. Tidak kerja keras juga tidak mungkin bisa meningkatan jumlah pinjaman," katanya.

Terpisah, Kepala Dinas Koperasi dan UKM Provinsi Jawa Tengah, Eddy Sulistiyo Bramiyanto, mengatakan, jumlah UMKM binaan Dinas Koperasi dan UKM Jateng pada tahun 2023 sebanyak 187.746 unit. 

Dari ratusan UMKM itu, jumlah omzetnya sebesar Rp69,38 triliun dan aset sebesar Rp39,22 triliun. Sementara tenaga kerja yang diserap pada sektor UMKM sebanyak 1.352.116 orang.

Terkait akses pembiayaan atau modal usaha, sepanjang tahun 2023 telah dilakukan peningkatan akses pembiayaan bagi 925 UMKM. Peningkatan itu melalui kegiatan literasi keuangan maupun kegiatan digitalisasi keuangan.

Adapun untuk realisasi KUR sampai dengan 23 Januari 2024 telah terealisasi sebesar Rp279,4 triliun bagi 8,7 juta unit usaha. Jumlah tersebut terbagi atas KUR bagi usaha super mikro, KUR bagi usaha mikro, KUR bagi usaha kecil, dan KUR bagi TKI.
 

Editor : Maulana Salman

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut