get app
inews
Aa Read Next : Jumlah Pengunjung Meningkat, Polres Demak Siagakan Ratusan Personel di Tempat Wisata

Deretan Peninggalan Kerajaan Demak, Ada Kolam Wudhu hingga Pintu Bledeg

Senin, 05 Februari 2024 | 06:19 WIB
header img
Makam Sunan Kalijaga, salah satu peninggalan Kerajaan Demak. Ist

3. Makam Sunan Kalijaga

Sunan Kalijaga adalah salah satu Wali Songo yang menyebarkan agama Islam di wilayah Kerajaan Demak. Ia meninggal dunia pada usia 131 tahun atau tepatnya di tahun 1680. Makamnya berada di Kadilangu, 2 kilometer dari pusat kota Demak. Di area tersebut, terdapat pula makam Raden Patah, Raja pertama Kerajaan Demak dan keluarganya. 

4. Dampar Kencana 

Dulunya, Dampar Kencana merupakan singgasana raja. Raden Patah mendapatkan singgasana tersebut sebagai hadiah  saat pelantikannya sebagai raja di Kesultanan Demak Bintoro dari Prabu Brawijaya V Raden Kertabumi asal Kerajaan Majapahit. Saat Kerajaan Demak runtuh, singgasana tersebut dijadikan mimbar khotbah yang diletakkan di dalam masjid. Namun dalam perkembangannya, Dampar Kencana disimpan di Museum Masjid Agung Demak. 

5. Maksurah 

Maksurah adalah ruangan berbentuk persegi panjang yang tidak terlalu besar. Dulunya, ruangan ini adalah tempat yang dibuat khusus untuk para raja dan ulama. Pada bagian dindingnya, terdapat ukiran kaligrafi yang sangat indah. Menurut catatan sejarah Maksurah Kerajaan Demak dibuat pada masa pemerintahan Raja Aryapur. 

6. Pintu Bledeg 

Di masjid Agung Demak, terdapat pula pintu Bledeg yang dibuat oleh Ki Agung Selo pada 1466. Pintu tersebut dibuat dengan ukiran motif tumbuh-tumbuhan, suluran, jambangan mahkota, dan kepala bintang (naga) dengan mulut terbuka. Selain memiliki bentuk yang indah, pintu ini juga diyakini mampu menahan petir. Pintu Bledeg termasuk prasasti Candra Sengkala yang bertuliskan Nogo Mulat Saliro Wani bermakna 1388 Saka atau 1466 Masehi. 

7. Piring Campa 

Jika masuk ke dalam Masjid Agung Demak, akan terlihat piring campa yang ditempel di dinding. Piring porselen tersebut berjumlah 65. Dulunya, Piring Campa merupakan hadiah dari ibunda Raden Patah, Siu Ban Ci. Sementara itu, Siu Ban Ci diketahui berasal dari Cina. 

Itulah beberapa peninggalan Kerajaan Demak yang masih bisa dijumpai di masa sekarang. Semoga bermanfaat.


 

Editor : Maulana Salman

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut