get app
inews
Aa Read Next : Kapolda Jateng Imbau Mahasiswa Tak Anarkis saat Mengemukakan Pendapat di Muka Umum

Respons Cepat Dokkes Polres Purbalingga Tangani Petugas KPPS Pingsan usai Penghitungan

Jum'at, 16 Februari 2024 | 16:38 WIB
header img
Personel Dokkes Polres Purbalingga memberikan pertolongan petugas KPPS yang pingsan. (IST)

PURBALINGGA, iNewsSemarang.id - Seksi Dokkes Polres Purbalingga, Subsatgas Yankes Operasi Mantap Brata Candi 2024 terus memantau kesehatan personel pengamanan dan petugas KPPS di wilayah Kabupaten Purbalingga.

Kasi Dokkes Polres Purbalingga Iptu dr. Nikko Aulia Rachman mengatakan kami pihaknya melakukan pemeriksaan kesehatan terhadap personel TNI, Polri maupun petugas penyelenggara pemilu seperti KPPS, PPK dan Linmas di wilayah Kabupaten Purbalingga.

"Pemeriksaan dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui kondisi kesehatannya karena para petugas ini telah bekerja keras melaksanakan kegiatan tahap Pemilu 2024 sampai saat ini paska penghitungan suara," katanya, Kamis (15/2/2024).

Menurutnya, pemeriksaan dan pengecekan kesehatan harapannya agar peristiwa seperti pada Pemilu 2019 tidak terulang lagi. Saat Pemilu 2019 banyak petugas KPPS yang kelelahan hingga meninggal dunia. Hal itu yang perlu diantisipasi.

"Dengan pemeriksaan kesehatan secara intensif diharapkan peristiwa seperti Pemilu 2019 dimana banyak anggota KPPS yang meninggal dunia tidak terulang kembali," tegasnya.

Kasi Dokkes menambahkan terkait kejadian di wilayah Kabupaten Purbalingga, pihaknya telah melakukan respons cepat terhadap informasi adanya  petugas KPPS yang pingsan karena kelelahan. Peristiwa tersebut terjadi Kamis (15/2) dini hari di TPS 12 Kelurahan Purbalingga Kidul.

"Kami datang dan mengevakuasi petugas KPPS tersebut kemudian dibawa ke rumah sakit untuk mendapatkan penanganan. Alhamdulillah kondisinya sudah membaik walaupun harus menjalani rawat inap," jelasnya.

Terkait pemeriksaan kesehatan tersebut mendapat respons positif dari berbagai pihak. Salah satunya Agung Waluyo PPS Desa Penolih, Kecamatan Kaligondang, Kabupaten Purbalingga. 

Editor : Maulana Salman

Follow Berita iNews Semarang di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut