get app
inews
Aa Read Next : 758 Atlet Jateng Ikuti 60 Cabor di PON Aceh-Sumut, Ditergetkan Tembus 3 Besar

Kampung Pasar Setan, Kampung Paling Sepi di Banjarnegara yang Bikin Merinding

Senin, 19 Februari 2024 | 12:52 WIB
header img
Kampung Pasar Setan di Banjarnegara (Foto: YouTube Tedhong Telu)

JAKARTA, iNewsSemarang.id – Ada sebuah kampung unik di Kabupaten Banjarnegara, Jawa Tengah, yang sangat menarik untuk dikunjungi. Banjarnegara memiliki pemandangan alam menakjubkan untuk dijelajahi. 

Salah satu yang terkenal adalah kawasan wisata Dieng. Di tempat ini ada banyak objek wisata yang bisa dikunjungi sekaligus, mulai dari kawah, komplek kawasan Candi Hindu yang artistik, hingga telaga yang jernih.

Lalu ada Anglir Mendung Banjarnegara. Tempat ini cocok bagi Anda yang ingin merasakan suasana sejuk, terutama jika datang dari kota yang destinasi wisata alamnya sudah minim. 

Di sini Anda bisa menikmati pemandangan alam yang hijau dan berbukit. Bagi pencinta air terjun di sini ada Air Terjun Sikopel. Tempat ini adalah salah satu hidden gemnya Banjarnegara, curug tersembunyi yang memiliki tinggi sekitar 70 meter dengan dikelilingi pepohonan rindang di sekitarnya. Air terjun ini memiliki debit air yang deras dan airnya jernih.

Selain wisata alam, Banjarnegara juga memiliki wisata budaya dan kuliner yang tidak boleh dilewatkan. Namun, di balik keindahan pemandangan alam Banjarnegara, ada satu kampung unik yang akan membuat siapa saja merinding saat berkunjung. 

Ya, kampung tersebut berada di pegunungan Banjarnegara bagian selatan. Permukiman di sini disebut kampung paling sepi di Banjarnegara, dinamakan Kampung Pasar Setan.

Penasaran, ingin tahu seperti apa suasana Kampung Pasar Setan di Banjarnegara yang membuat banyak orang merinding? Berikut ulasannya dirangkum melalui akun Channel Tedhong Telu, Kamis (15/2/2024).

Kampung Unik di Banjarnegara 

Kampung Pasar Setan lokasinya terpencil di pegunungan dan di tengah hutan. Ada sungai mengalir melintasi daerah ini. Untuk memasuki perkampungan ini, Anda harus melewati jembatan. 

Nama kampungnya cukup menyeramkan karena bernama Kampung Pasar Setan. Di sebut demikian karena menurut cerita yang berkembang, dulu di kampung ini sering terdengar suara keramaian seperti keramaian di pasar. 

"Suara tersebut konon sering terdengar di saat malam jumat kliwon. Akan tetapi untuk saat ini, katanya sudah jarang terdengar lagi," kata pemilik akun channel Tedhong Telu.

Menurut dia, Kampung Pasar Setan dihuni kurang lebih 10 kepala keluarga dan hanya ada 11 rumah saja. Hal yang membuat kampung ini terasa sepi adalah lokasinya berada di pegunungan, dan di tengah hutan. 

Selain itu rumah warga sangat berjauhan, dari 11 rumah yang ada, semua lokasinya tersembunyi. "Ada kuburan di sekitar sini. Dari satu rumah ke rumah yang lain itu sekitar 200 meter. 

Benar-benar hutan belantara, untuk menuju ke satu rumah ke rumah yang lain cuma lewat jalan setapak," kata dia. Kali ini, jika penasaran ingin tahu lokasi Kampung Pasar Setan ini, berada di Desa Kebutuh Jurang, Kecamatan Pagedongan, Kabupaten Banjarnegara Jawa Tengah. Bagaimana, tertarik berpetualang di perkampungan ini?
 

Editor : Maulana Salman

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut