get app
inews
Aa Read Next : Selamat! Pertamina Patra Niaga Raih Penghargaan dari Kementerian Kelautan dan Perikanan

Kampung Unik di Batang, Ada Situs Kuno Pesanggrahan Peninggalan Sultan Mataram

Minggu, 17 Maret 2024 | 07:49 WIB
header img
Kampung unik di Batang (Foto: Instagram @achmad_noer_cholis)

JAKARTA, iNewsSemarang.id - Kampung unik di Kabupaten Batang, Jawa Tengah ini menarik untuk dikunjungi. Di kampung kecilnya ada situs kuno pemandangan alam yang dianggap suci oleh masyarakat sekitar.

Berada di sini, Anda dapat mengeksplor kolam pemandian alam yang sudah kuno. Kolam ini tidak hanya terlihat eksotis, tetapi juga merupakan situs dan dianggap suci.  

Konon, tempat pemandian ini dianggap suci oleh masyarakat pada zaman dahulu. Di sekitar situs ini terdapat arca berupa Naga setinggi 1 meter. Tempat tersebut bernama Situs Balekambang.

Biasanya, arca naga dihubungkan dengan yoni, dwarapala, dan beberapa figure di dalam cerita relief Hindu. Dwarpala merupakan keyakinan sebagai arca penjaga tempat suci yang tak banyak ditemukan di Jawa Tengah. 

"Jadi, kita bisa mandi-mandi di sini sambil digigit ikan. Dan di malam-malam tertentu tempat ini juga masih sering dijadikan tempat ritual. Situs Bale Kambang, Bendosari, Sidorejo, Gringsing, Batang," tulis Instagram @chmad_noer_cholis.

Tempat ini merupakan pesanggrahan dari peninggalan Sultan Mataram. Dahulu, tempat ini dijadikan lokasi untuk menghimpun kekuatan guna melakukan penyerangan ke Batavia yang waktu itu masih berkuasa di Indonesia. 

Editor : Ahmad Antoni

Follow Berita iNews Semarang di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut