get app
inews
Aa Read Next : Peringatan HUT Dekranas dan HKG PKK di Solo, Kota Semarang Raih Juara Siaga Kebakaran Lingkungan

Batik Benang Ratu Kembangkan Produk UMKM di Pasar Pariwisata Berkonsep Orang Tua Angkat

Sabtu, 24 Februari 2024 | 21:15 WIB
header img
Konsumen yang merupakan wisatawan saat memilih produk Batik Benang Ratu cabang Jalan Gedongpring KD IX, Bantul, seusai grand opening, Sabtu (24/2/2024). Foto IST

“Awalnya kami ritel, sekarang juga ke bisnis sektor pariwisata yaitu oleh-oleh batik. Karena Jogja adalah kota pariwisata. Produsen batik di Jogja banyak, tapi peminatnya juga banyak," katanya.

Cabang ke-5 ini sendiri berlokasi di Jalan Gedongkuning Selatan KD IX, Banguntapan, Bantul, DIY.  Maria juga mengklaim harga produknya merupakan harga pabrik, yang membuat konsumen mendapatkan harga pasti (fixed price). 

Adapun konsep bisnis dijalankan dengan menggandeng UMKM produsen batik di kampung-kampung. 


Pemotongan pita menandai grand opening pusat oleh-oleh Batik Benang Ratu di Jalan Gedongkuning Selatan KD IX, Banguntapan, Bantul, Yogya, Sabtu (24/2/2024). Foto IST

 

"Konsepnya, orang tua angkat bagi UMKM, untuk mengangkat produk UMKM di sebuah gerai besar grosir dan eceran, serta menjadi pusat oleh-oleh batik. Dengan begini kami bisa mengangkat produk batik UMKM. Dimana hasil produksi UMKM bisa digelar di tempat yang besar dan bagus. Meski tempatnya besr dan bagus tapi menyediakan pangsa untuk masyarakat dengan harga murah tapi sangat nyaman berkonsep seperti mall," ujarnya. 

Gerai Batik Benang Ratu Cabang Gedongkuning, Bantul, DIY merupakan gerai cabang ke-5 yang dimiliki oleh Benang Ratu. Cabang di Gedongkuning ini merupakan relokasi dari cabang sebelumnya di Jalan Brigjend Katamso Jogja. 

Editor : Ahmad Antoni

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut