get app
inews
Aa Read Next : Grab Terima Sertifikat Penetapan Program Kepatuhan Persaingan Usaha dari KPPU RI

Kinerja Membanggakan, Diskominfo Kendal Terima Sertifikat Indeks KAMI Badan Siber dan Sandi Negara 

Minggu, 25 Februari 2024 | 20:20 WIB
header img
Diskominfo Kendal mendapatkan Sertifikat kategori tingkat kesiapan cukup baik dalam penilaian Indeks Keamanan Informasi dari BSSN. Ist

KENDAL, iNewsSemarang.id - Kinerja yang membanggakan dalam mengelola keaman informasi, Diskominfo Kendal mendapatkan Sertifikat kategori tingkat kesiapan cukup baik dalam penilaian Indeks Keamanan Informasi (KAMI) yang dilakukan oleh Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN).

Diskominfo Kendal setidaknya mendapatkan nilai 515 dari nilai maksimal 645. Adapun penilaian meliputi 5 area keamanan informasi, yaitu tata kelola, pengelolaan resiko, kerangka kerja, pengelolaan aset, dan teknologi.

Kepala Bidang Statistik dan Persandian Diskominfo Kendal, Nursikin mengungkapkan, bahwa penilaian Indeks KAMI dilaksanakan oleh Tim BSSN RI secara Onsite Assessment pada tanggal 11-13 Desember 2023. 

Kemudian dari hasil asesmen tersebut, pada tanggal 29 Desember 2023 Diskominfo menerima Laporan Hasil Verifikasi dan Sertifikat Nomor: SERT.10893/BSSN/D3/PS.02.02/12/2023 masuk kategori Tingkat Kesiapan Cukup Baik dalam penilaian Indeks Keamanan Informasi.

"Adapun rinciannya, untuk kematangan tata kelola mendapatkan nilai 122 dengan level kematangan terdefinisi dan konsisten, pengelolaan resiko mendapatkan nilai 35 dengan level kematangan penerapan kerangka kerja dasar," katanya Sabtu (24/2/2024).

Dia melanjutkan, dalam kerangka kerja pihaknya mendapatkan nilai 117 dengan level kematangan penerapan kerangka kerja dasar. Lalu dalam pengelolaan aset mendapat nilai 153 dengan level kematangan terdefinisi dan konsisten, dan untuk teknologi mendapatkan nilai 88 dengan level kematangan penerapan kerangka kerja dasar.

Sementara itu, Kepala Diskominfo Kendal, Ardhi Prasetiyo mengatakan, bahwa penilaian Indeks KAMI yang dilakukan oleh BSSN ini bertujuan untuk meningkatkan kesadaran, pemahaman dan penguasaan sumber daya akan pentingnya manajemen keamanan informasi.

"Selain mengikuti oenilaian indeks KAMI, Diskominfo Kendal juga menjadi lokus penilaian Cyber Security Maturity (CSM) dan Evaluasi Pengamanan Informasi (EPI) yang bertujuan mengukur kematangan keamanan Cyber Organisasi," ujarnya.

Ardhi berharap demikian dapat melakukan peningkatan pengelolaan keamanan cyber, serta memastikan pengelolaan tersebut berjalan maksimal dan berfungsi secara menyeluruh.

Sekretaris Daerah Kabupaten Kendal, Ir. Sugiono menyampaikan, bahwa penilaian yang dilaksanakan oleh BSSN diharapkan bisa lebih memacu para perangkat daerah yang dikordinir oleh Diskominfo Kabupaten Kendal untuk lebih meningkatkan penerapan keamanan informasi di lingkungan Pemerintah Kabupaten Kendal.

"Indeks KAMI pada Diskominfo Kabupaten Kendal di tahun 2023 lebih baik dibandingkan tahun sebelumnya, mengingat tahun 2022 hanya mendapatkan nilai 359 yang masuk pada kategori Pemenuhan Kerangka Kerja Dasar," terang dia.

Pihaknya juga berkomitmen bahwa melalui Dinas Kominfo setiap tahunnya akan terus berupaya meningkatkan nilai Indeks KAMI dan CSM dan evaluasi pelaksanaan keamanan informasi, sehingga untuk penerapan manajemen keamanan informasi di Kabupaten Kendal bisa lebih baik lagi.

 

Editor : Agus Riyadi

Follow Berita iNews Semarang di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut