get app
inews
Aa Read Next : Peringatan HUT Dekranas dan HKG PKK di Solo, Kota Semarang Raih Juara Siaga Kebakaran Lingkungan

Tradisi Dugderan, Prosesi Sakral Sambut Ramadan di Kota Semarang

Rabu, 28 Februari 2024 | 18:43 WIB
header img
Tradisi Dugderan digelar setiap menjelang datangnya bulan suci Ramadan di Kota Semarang. (foto Ahmad Antoni)

SEMARANG, iNewsSemarang.id – Tradisi Dugderan untuk menyambut Ramadan di Kota Semarang, dinilai menjadi proses sakral masyarakat sejak zaman dulu. 

Hal itu disampaikan Sekretaris Komisi D DPRD Kota Semarang, Anang Budi Utomo. Menurutnya gelaran Dugderan yang menampilkan beduk raksaksa dan gunungan ganjel rel akan menambah kesan menarik dalam menyambut datangnya bulan Ramadan.

Dia mengatakan, Dugderan adalah tradisi rutin tahunan yang dilakukan Pemkot Semarang mengumumkan awal puasa Ramadan. "Hakikat Dugderan adalah pemerintah memberikan pengumuman mulainya awal puasa Ramadan di Kota Semarang," katanya.

Dia menyatakan, upacara penyambutan Ramadan tersebut merupakan prosesi yang sakral. Menurutnya, setiap kegiatan yang akan dilakukan harus menjunjung tinggi nilai budaya yang ada di Kota Semarang.

"Saya termasuk orang yang meminta Dugderan harus bersifat sakral. Sebaiknya jangan dicampur dengan apresiasi lain yang mengarah sifatnya hura-hura. Senangnya itu dalam konteks menyeluruh etnis yang ada di Kota Semarang," katanya.

Begitu pula, Anang menilai, sebulan sebelum pengumuman awal puasa tersebut diawali dengan Pasar Dugderan terlebih dulu dapat memupuk perekonomian Kota Semarang makin tumbuh.

Termasuk di antaranya, menjadi langkah pembinaan terhadap pengrajin dan seniman Warak Ngendok yang menjadi ikon Dugderan. Dengan adanya Dugderan yang meriah ini, Warak Ngendok akan menjadi fokus perhatian masyarakat.

"Warak Ngendog bisa ditampilkan mewakili unsur etnis yang ada. Warak Ngendog ikon Dugderan, sudah semestinya menjadi unggulan yang harus ditingkatkan, jangan sampai hilang dari arena Dugderan," katanya.

Editor : Ahmad Antoni

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut