get app
inews
Aa Read Next : Ketua KPU Disanksi Bawaslu karena Terbukti Gelembungkan Suara Partai Golkar

Tim Pemenangan Caleg Laporkan Dugaan Kecurangan Pileg 2024 di Tembalang ke Bawaslu

Kamis, 29 Februari 2024 | 19:15 WIB
header img
Tim Pemenangan Caleg nomor urut 2 Partai Golkar Mararas Apuwara, Yus Citra melaporkan dugaan kecurangan proses Pileg 2024 di Kecamatan Tembalang ke Bawaslu Kota Semarang. (IST)

SEMARANG, iNewsSemarang.id – Tim Pemenangan Caleg nomor urut 2 Partai Golkar Mararas Apuwara, Yus Citra melaporkan dugaan kecurangan proses Pileg 2024 di Kecamatan Tembalang ke Bawaslu Kota Semarang

Dalam laporan, disebutkan ada dugaan perpindahan suara di internal Partai Golkar pada Pileg tingkat kota. Dia mengaku menemukan kejanggalan perolehan suara pada proses rekapitulasi di Kecamatan Tembalang.

Tim pemenangan menunjukkan bukti-bukti perbedaan perolehan suara. Salah satunya adalah fotokopi model C dari 109 TPS di Kelurahan Sendang Mulyo Kecamatan Tembalang.

“Dari perhitungan suara C akhir di seluruh TPS di Kelurahan Sendangmulyo, caleg nomer urut 8 mendapatkan 1.639 suara. Tapi di rekapitulasi tingkat Kecamatan, total suaranya turun menjadi 1.629 suara. Jadi ada dugaan suaranya digeser untuk caleg lain,” Yus Citra usai melakukan laporan di Kantor Bawaslu Kota Semarang, Kamis (29/2/2024).

Jika dilihat per TPS, lanjutnya, terjadi pergeseran suara. Ada suara partai dan suara caleg nomor urut 8 yang berkurang, sementara suara caleg nomor urut 1 bertambah. Dia mencontohkan di TPS 4. Model C berbeda dari hasil realcount sirekap Kota Semarang.

Caleg nomor 1 yang hanya mendapat 2 suara, berubah menjadi 12 suara. Sementara caleg nomor 8 dari 56 suara menjadi 37 suara. Pergeseran suara juga terjadi di TPS 5. Di model C, Partai Golkar dapat 4 suara menjadi 2 suara. Caleg nomor urut 1 yang tidak mendapatkan suara sama sekali alias 0, menggelembung menjadi 22 suara. Dan caleg nomor urut 8 dari 128 suara menyusut menjadi 108 suara.

Editor : Ahmad Antoni

Follow Berita iNews Semarang di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut