get app
inews
Aa Read Next : Banjir Rusak 10 Bangunan di Bantaran Sungai BKT Semarang, Ini Rinciannya

Pemkot Semarang Kembangkan Wisata Pantai Tirang, Akses Masuk ke Destinasi Diperbaiki

Minggu, 03 Maret 2024 | 07:45 WIB
header img
Wisatawan menikmati suasana Pantai Tirang Semarang. (IST).

SEMARANG, iNewsSemarang.id - Pemkot Semarang berencana melakukan pengembangan wisata Pantai Tirang di Kecamatan Semarang Barat, terutama perbaikan akses masuk ke destinasi tersebut. Alasannya, pantai tersebut saat ini sudah menjadi daya tarik wisata di Kota Semarang

Hal ini disampaikan Wali Kota Semarang, Hevearita Gunaryanti Rahayu usai membuka Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) di Semarang Barat beberapa waktu yang lalu. 

"DED (Detail Engineering Desain) telah dibuat dan siap direalisasikan. Di sana yang menjadi kendala wisatawan adalah akses masuk sulit," ujar Mbak Ita, sapaannya.

Ini lantaran, akses masuk ke Pantai Tirang hanya ada dua, yaitu lewat jalan dari TNI Penerbad aset milik Lanumad dan jalan di Perumahan Graha Padma. Pengelolaannya, dilakukan oleh Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) setempat. 

"Kemarin kami sudah berkoordinasi dengan Graha Padma dan itu harus disinkronkan. Jangan sampai Pantai Tirangnya bagus, tapi wilayah deket-deket sekitarnya enggak bagus. Sehingga harus diintegrasikan," katanya. 

Selain akses masuk menuju destinasi wisata Pantai Tirang, ada pula pengembangan kawasan. Mbak Ita bahkan mengapresiasi Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) yang telah mengubah wajah Pantai Tirang dari yang sebelumnya tak terawat menjadi sekarang ini. Apalagi saat ini menjadi salah satu destinasi unggulan di Kota Semarang. 

"Inginnya seperti pantai-pantai lainnya. Kalau sekarang, sudah ada gubug-gubug seperti orang jualan ikan. Nah itu biar ditata lagi. Saya menyampaikan terima kasih karena Pokdarwis Pantai Tirang ini sudah maksimal membuat pantai bagus," jelasnya. 

Meski demikian, pengembangan wisata Pantai Tirang tidak cukup hanya dilakukan oleh Pokdarwis. Pemerintah Kota Semarang turut memikirkan pengembangan kawasan wisata Pantai Tirang karena merupakan salah satu aset wisata Kota Semarang, dengan tetap menggandeng Pokdawis. Sehingga, ibu kota Jawa Tengah memiliki pantai yang indah dan bagus. 

"Itu salah satu aset wisata Kota Semarang. Harus dibaguskan, sehingga Semarang punya pantai yang indah dan bagus. Meskipun sudah ada Pantai Marina yang banyak cafe-cafe, kalau Pantai Tirang lebih alami," sebut Mbak Ita. 

Editor : Ahmad Antoni

Follow Berita iNews Semarang di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut