get app
inews
Aa Read Next : Banjir Rusak 10 Bangunan di Bantaran Sungai BKT Semarang, Ini Rinciannya

Pemkot Semarang Kembangkan Wisata Pantai Tirang, Akses Masuk ke Destinasi Diperbaiki

Minggu, 03 Maret 2024 | 07:45 WIB
header img
Wisatawan menikmati suasana Pantai Tirang Semarang. (IST).

Sementara itu, Kepala Badan Perencanaan dan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kota Semarang, Budi Prakosa menyebut, sisi Barat Kota Semarang akan dikembangkan secara natural approach atau pendekatan alam. Pengembangan dilakukan mulai dari Pelabuhan Tanjung Emas ke arah barat hingga Pantai Mangunharjo, Mangkang. 

Pengembangan kawasan Barat dilakukan agar Semarang memiliki pantai yang bisa diakses masyarakat. Pembangunan fasilitas berupa pengembangan lokal ekonomi. 

"Masyarakat kita kembangkan demplot-demplot kuliner berbasis sumber daya perikanan laut, memanjang sampai ke Mangunharjo," tuturnya. 

Menurut Budi, Detail Engineering Desain (DED) untuk wilayah Mangunharjo sebenarnya telah siap. Bahkan anggaran sudah disiapkan tahun 2023 lalu. "Anggarannya sudah siap tapi karena ada rencana normalisasi Sungai Plumbon, sehingga kami tunda hold dulu sembari menunggu desain dari Plumbon. 

Untuk rencana pengembangan Pantai Tirang, lanjut Budi, saat ini sedang dikoordinasikan terutama akses menuju lokasi wisata Pantai Tirang. 

"Realisasi sedang dikoorsinasikan. Kami sudah intensif komunikasi baik dengan Graha Padma dan Pokdarwis. Terkait akses itu, dari Graha Padma mendedikasikan untuk akses menuju Pantai Tirang," kata Budi. 

Bahkan, Pemkot Semarang juga akan mengkaji transportasi umum untuk menjangkau wilayah dari dan menuju Pantai Tirang Semarang
 

Editor : Ahmad Antoni

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut