get app
inews
Aa Read Next : 2 Desa di Demak Masih Tergenang Banjir

Pastikan Penanganan Bencana Banjir Berjalan Baik, BNPB Terjun Langsung ke Kendal

Senin, 18 Maret 2024 | 04:00 WIB
header img
Kepala BNPB Letjen TNI Suharyanto didampingi Bupati Kendal Dico M Ganinduto saat meninjau banjir di Perumahan Griya Praja Mukti Kelurahan Langenharjo.(iNews/Agus)

 

KENDAL, iNewsSemarang.id - Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Letjen TNI Suharyanto meninjau lokasi terdampak banjir di Perumahan Griya Praja Mukti, Kelurahan Langenharjo, Kecamatan Kendal. Kunjungan ini dilakukan untuk memastikan penanganan bencana hidrometeorologi basah yang melanda wilayah Kabupaten Kendal berjalan dengan baik. 
Kunjungan orang nomor 1 di BNPB ini disambut Bupati Kendal Dico M Ganinduto bersama Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Kendal dan kepala OPD terkait.
Dalam kunjungan tersebut, Suharyanto melihat langsung kondisi Perumahan Griya Praja Mukti yang masih terendam banjir dengan Tinggi Muka Air (TMA) antara 30-40 sentimeter.
Perlu diketahui, posisi perumahan tersebut berada setara dengan tanggul Sungai Kali Buntu, yang mana aliran airnya berhilir di area persawahan dan relatif lambat sehingga menyebabkan air lama surut. 
“Alhamdulillah hari ini relatif sudah surut. Tadi penjelasan Pak Bupati katanya ada yang ketinggian satu meter. Tapi sekarang rata-rata sudah di bawah lutut,” ungkap Suharyanto.
Dalam kunjungan tersebut dia bersama rombongan berjalan menyusuri wilayah perumahan yang masih terendam banjir. Kondisi yang terpantau, genangan sudah berangsur surut dibandingkan hari sebelumnya.
Kepala BNPB juga melakukan dialog bersama masyarakat untuk menyerap aspirasi sebagai evaluasi dalam penanggulangan bencana di Kendal. Kepada masyarakat, Suharyanto menitipkan pesan belasungkawa dari Presiden Joko Widodo atas bencana yang terjadi akibat cuaca ekstrem dan gangguan di atmosfer serta dampak tidak langsung dari adanya bibit siklon di Samudera Hindia bagian selatan Indonesia.

Editor : Agus Riyadi

Follow Berita iNews Semarang di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut