get app
inews
Aa Read Next : 2 Desa di Demak Masih Tergenang Banjir

9 Daerah di Jateng Terdampak Banjir, Ini Upaya Pemprov Percepat Penanganan Pascabencana

Kamis, 21 Maret 2024 | 06:17 WIB
header img
Jalur Demak-Kudus saat tergenang banjir beberapa hari lalu. (IG)

SEMARANG, iNewsSemarang.id - Pemerintah Provinsi Jawa Tengah terus melakukan berbagai upaya untuk mempercepat pemulihan pascabencana banjir yang melanda beberapa daerah di Jateng. 

Setidaknya ada sembilan kabupaten/kota di Jateng yang terlanda bencana banjir dalam beberapa pekan terakhir, meliputi Kota Semarang, Demak, Kabupaten Pekalongan, Kudus, Grobogan, Jepara, Kendal, Blora, dan Pati.

Upaya yang akan dilakukan meliputi normalisasi sungai, perbaikan tanggul sungai, dan pendataan areal pertanian terdampak banjir.

“Perlu adanya normalisasi . Ini perlu koordinasi dengan pemerintah pusat, karena kewenangannya BBWS Pemali-Juwana," ujar Sekreteratis Daerah Provinsi Jateng, Sumarno saat menerima kunjungan spesifik Komisi VIII DPR RI di Kantor Gubernur Jateng, Rabu (20/3/2024).

Selain normalisasi sungai dan perbaikan tanggul, penanganan yang mendesak dilakukan adalah pendataan petani yang lahannya terendam banjir dan mengalami puso. Para petani terdampak banjir akan mendapatkan bantuan dari pemerintah pusat.

"Setelah ini kami juga segera memerintahkan Dinas Pertanian untuk memantau pendataan para petani yang terkena dampak banjir," katanya. 

Editor : Ahmad Antoni

Follow Berita iNews Semarang di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut