get app
inews
Aa Read Next : 2 Desa di Demak Masih Tergenang Banjir

Cegah Banjir Demak Terulang, BBWS Pemali Juana Siapkan Tanggul Permanen di Norowito

Rabu, 27 Maret 2024 | 06:03 WIB
header img
Kepala BBWS Pemali Juana, Harya Muldianto memberikan keterangan pers. (Dony Marendra)


SEMARANG, iNewsSemarang.id - Balai Besar Wilayah Sungai (BBWS) Pemali Juana terus melakukanan penanganan banjir di Demak. Setelah berhasil menutup tanggul jebol dengan penanganan darurat, kini BBWS menyiapkan penguatan tanggul secara permanen. 

Kepala BBWS Pemali Juana, Harya Muldianto mengatakan, banjir di Demak akibat jebolnya tanggul Sungai Wulan di wilayah Dukuh Norowito, Desa Ketanjung, Kecamatan Karanganyar, Minggu (17/3). Titik tanggul jebol tersebut sama dengan banjir yang terjadi sebelumnya, 8 Februari 2024. 

"Dua kejadian jebolnya tanggul itu berdampak pada genangan di kawasan permukiman dan persawahan sekitarnya di Demak. Luasannya hampir sama, membanjiri sekitar 1.400 hektare," katanya di Semarang, Selasa (26/3).

Menurut Harya, penanganan darurat di jebolnya tanggul pada Februari sebenarnya sudah mumpuni untuk menahan debit air Sungai Wulan di kondisi normal.

Bahkan, tanggul darurat BBWS mampu menahan debit tertinggi selama 56 jam, lebih lama dibanding tanggul awal yang hanya mampu menahan selama 8 jam debit tertinggi Sungai Wulan.

Hanya saja, sebelum tanggul jebol untuk kali kedua, terjadi hujan deras yang cukup lama selama 10 hari. Kondisi tersebut membuat penampang Sungai Wulan tak mampu lagi menampung debit air yang menggelontor dari hulu. 

"Debit banjir di dua kejadian itu, Februari sekitar 1.300 meter kubik per detik, sedangkan di Maret 1.290 meter kubik per detik," ujar Harya.

Editor : Ahmad Antoni

Follow Berita iNews Semarang di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut