get app
inews
Aa Read Next : Polisi Temukan Tas Pemudik Tertinggal di Toilet Rest Area, Ternyata Isinya Uang Rp100 Juta

Jalan-jalan di Jawa Tengah Siap Dilintasi Pemudik Lebaran 2024

Kamis, 28 Maret 2024 | 13:31 WIB
header img
Perbaikan jalan di Jateng menyambut arus mudik Lebaran 2024. (IST)

SEMARANG, iNewsSemarang.id – Pemerintah memastikan jalan-jalan di Jawa Tengah siap dilintasi pemudik lebaran 2024. Kepala Balai Besar Pelaksanaan Jalan Nasional (BBPJN) Jateng-DIY, Rien Marlia mengatakan, kondisi jalan nasional di Jawa Tengah maupun di DIY dalam kondisi yang lebih mantap dibandingkan tahun lalu.

“Pada lebaran tahun lalu, kemantapan jalan nasional di Jateng-DIY berdasarkan pada hasil survey Semester II tahun 2022 sebesar 94,31%, sedangkan lebaran kali ini berdasarkan hasil survey Semester II Tahun 2023 sudah naik menjadi 96,97%” kata Rien saat menyampaikan kesiapan jalur lebaran 2024, di Semarang Rabu (27/3) malam. 

Total panjang jalan nasional di wilayah Jateng-DIY mencapai 1.887,29 Km. Untuk Jateng sepanjang 1.580,95 km dan di DIY sepanjang 306,34 km. 

Jaringan jalan nasional di Jateng-DIY dibagi menjadi 6 jalur yaitu Lintas Utara (Pantura), Lintas Tengah, Jalan Non Lintas, Jalan Pantai Selatan (Pansela), Jalan Penghubung Lintas dan Jalan Lintas Selatan.  Seluruh jalur tersebut menjadi satu kesatuan fungsi yang sangat penting dalam pergerakan masyarakat maupun logistik di Pulau Jawa.

Adapun terkait jalan yang rusak di jalur pantura Kecamatan Karanganyar, Kabupaten Demak akibat banjir beberapa waktu lalu, dipastikan sudah aman dilalui saat mudik lebaran, karena saat ini masih dalam proses perbaikan. 
 
 Dikatakan Rien, perbaikan di titik tersebut sudah dilakukan sejak 24 Maret 2024 lalu, mulai dari pembersihan jalan dari sampah yang terbawa banjir, pembersihan puing-puing aspal yang rusak, hingga perbaikan jalan berupa patching lubang dan overlay.

“Hari ini kami masih lanjut melakukan pembersihan dengan truck sweeper, dan sesuai jadwal, hari ini sudah mulai overlay/ pengaspalan ulang untuk arah Kudus menuju Semarang,” kata dia.

Total panjang yang akan dioverlay menuju Semarang 1,4 km di KM 44+550 sampai 45+900. Arus lalu lintas saat ini bisa dilalui dua arah, tetapi ada contraflow di KM 44 hingga Jembatan Tanggulangin Kudus karena masih dikerjakan. 

“Target kami untuk jalur arah Kudus – Semarang perbaikan aspal sepanjang 1,4 km dapat diselesaikan paling lambat Sabtu, 30 Maret 2024, sehingga kami sudah bisa lanjut perbaikan aspal arah Semarang – Kudus sepanjang 300 meter hari Minggu, 31 Maret 2024 dan selesai pada hari yang sama.” lanjutnya.

Editor : Ahmad Antoni

Follow Berita iNews Semarang di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut