get app
inews
Aa Read Next : Polisi Temukan Tas Pemudik Tertinggal di Toilet Rest Area, Ternyata Isinya Uang Rp100 Juta

Perhatian! Kendaraan Pemudik Berhenti di Rest Area Dibatasi 30 Menit

Minggu, 31 Maret 2024 | 11:41 WIB
header img
ilustrasi kemacetan di gerbang tol. foto: Antara

JAKARTA, iNewsSemarang.id - Masyarakat yang melaksanakan mudik Lebaran 2024 harus memerhatikan waktu singgah di rest area maksimal 30 menit.

Anggota BPJT Unsur Masyarakat, Tulus Abadi menegaskan, pembatasan masa singgah di rest area itu bertujuan agar tidak terjadi penumpukan di dalam maupun antrean kendaraan yang mengular hingga ke ruas jalan tol. Sehingga kondisi tersebut menjadi potensi kemacetan di jalan tol.

"Diimbau kepada para pemudik untuk jangan terlalu lama di TIP. Paling tidak 30 menit beristirahat di rest area menghindari terjadinya penumpukan kendaraan," katanya dalam keterangan resminya, Minggu (31/3/2024).

"Kami juga menyarankan kepada pemudik dapat menggunakan TIP atau rest area sementara yang bisa dimanfaatkan di sekitar area kantor gerbang tol," ujar Tulus.

Menurutnya, jika tempat istirahat di jalan tol terlihat penuh dan menghindari terjadinya antrean menuju masuk rest area, pemudik dapat keluar terlebih dahulu ke jalan arteri mencari rest area terdekat, kemudian dapat masuk melanjutkan perjalanan lewat jalan tol kembali.

Hingga saat ini, lanjit dia, total Tempat, Istirahat, dan Pelayanan (TIP) mencapai 134 TIP beroperasi. TIP yang merupakan bagian dari fasilitas dan layanan di Jalan Tol terbagi menjadi 3 Tipe A, B, dan C sesuai dengan fasilitas yang tersedia di dalamnya.

Editor : Ahmad Antoni

Follow Berita iNews Semarang di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut