get app
inews
Aa Read Next : Stabilkan Harga Pangan jelang Lebaran, Pemprov Jateng Geber Pasar Murah

Penuh Berkah, Ini 10 Tanda Seseorang Diyakini Mendapat Lailatul Qadar

Selasa, 02 April 2024 | 09:20 WIB
header img
Malam Lailatul Qadar adalah malam yang lebih baik dari seribu bulan. (Ilustrasi: Freepik.com)

JAKARTA, iNewsSemarang.id – Perlu diketahui ini 10 tanda seseorang diyakini mendapat Lailatul Qadar yang penuh berkah. Lailatul Qadar merupakan malam yang lebih baik dari 1.000 bulan. Jika dikonversikan ke dalam hitungan tahun, maka itu berarti sekira 83 tahun. 

Terkait malam Lailatul Qadar, Allah Subhanahu wa Ta'ala berfirman:

لَيْلَةُ الْقَدْرِ خَيْرٌ مِنْ أَلْفِ شَهْرٍ , تَنَزَّلُ الْمَلَائِكَةُ وَالرُّوحُ فِيهَا بِإِذْنِ رَبِّهِمْ مِنْ كُلِّ أَمْرٍ , سَلَامٌ هِيَ حَتَّى مَطْلَعِ الْفَجْر

Artinya: "Malam kemuliaan itu lebih baik dari 1.000 bulan. Pada malam itu turun malaikat-malaikat dan Malaikat Jibril dengan izin Tuhannya untuk mengatur segala urusan. Malam itu (penuh) kesejahteraan sampai terbit fajar." (QS Al Qadar (97): 3–5) 

Setiap Muslim yang melakukan ibadah pada malam itu, berarti telah melakukan ibadah ketika Lailatul Qadar. Besar dan kecilnya pahala yang didapat, tergantung kualitas serta kuantitas ibadah yang dikerjakan pada malam itu.

Oleh karena itu, sekalipun hanya mengerjakan ibadah wajib, Sholat Maghrib dan Isya di malam Qadar, maka akan mendapat bagian pahala beribadah di Lailatul Qadar.

Imam Malik meriwayatkan secara balaghan (tanpa sanad), menukil keterangan Said bin Musayib (tabiin senior, menantu Abu Hurairah) tentang orang yang beribadah ketika Lailatul Qadar:

أَنَّ سَعِيدَ بْنَ الْمُسَيَّبِ كَانَ يَقُولُ: مَنْ شَهِدَ الْعِشَاءَ مِنْ لَيْلَةِ الْقَدْرِ، فَقَدْ أَخَذَ بِحَظِّهِ مِنْهَا
Bahwa Said bin Musayib pernah mengatakan, "Siapa yang ikut Sholat Isya berjamaah di Lailatul Qadar, berarti dia telah mengambil bagian Lailatul Qadar." (Muwatha' Malik nomor 1146)

Az-Zarqani menjelaskan:
فقد أخذ بحظه منها، أي: نصيبه من ثوابها
"Dia telah mengambil bagian Lailatul Qadar," maknanya dia mendapat bagian dari pahala Lailatul Qadar. (Syarh Az-Zarqani 'ala Muwatha, 3/463)

Berikut ini hal-hal yang diyakini menjadi tanda seseorang mendapat Lailatul Qadar, 

Editor : Ahmad Antoni

Follow Berita iNews Semarang di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut