get app
inews
Aa Read Next : Polisi Temukan Tas Pemudik Tertinggal di Toilet Rest Area, Ternyata Isinya Uang Rp100 Juta

5 Rest Area Terindah di Jalur Trans Jawa, Tempat Istirahat sambil Berwisata saat Mudik Lebaran

Rabu, 03 April 2024 | 06:07 WIB
header img
Rest Area Pendopo, rest area ini bisa dikatakan terunik dan termegah di Tol Trans Jawa. (foto Dok/A.Antoni)

JAKARTA, iNewsSemarang.id – Setidaknya ada 5 rest area terindah di jalur Tol Trans Jawa yang cocok untuk melepas penat saat mudik Lebaran 2024. Rest area ini tak hanya menjadi tempat istirahat setelah menempuh perjalanan panjang, tapi juga berwisata. 

Pasalnya di rest area ini menyuguhkan pemandangan indah, desain dan sejarah yang luar biasa. Selain itu, terdapat berbagai fasilitas seperti tempat makan, istirahat, tempat ibadah hingga kebun binatang mini sehingga tidak heran jika dinobatkan sebagai rest area terindah di jalur Tol Trans Jawa. 

Saat ini, rest area bukan hanya sekadar dijadikan tempat untuk beristirahat, tapi bisa untuk berwisata dan mengabadikan momen. Pasalnya, pemerintah memanfaatkan bangunan bersejarah dan juga membuat desain yang menyerupai mal. 

Rest Area Terindah di Jalur Tol Trans Jawa 

1. Rest Area KM 456, Jalan Tol Semarang-Solo

Terkenal dengan sebutan Rest Area Pendopo, rest area ini bisa dikatakan terunik dan termegah di Tol Trans Jawa. Selain itu, rest area ini memiliki jembatan penghubung antara bangunan rest area di ruas kanan dan ruas kiri jalan tol, sehingga menambah kemegahannya. 

Pengunjung akan dimanjakan dengan pemandangan hamparan sawah dan gunung yang indah. Udaranya yang segar dapat membantu pengendara melepaskan penat mereka saat perjalanan. Bangunan di rest area KM 456 ini sekilas seperti arsitektur estetik yang terlihat di mal.

2. Rest Area KM 260B, Jalan Tol Pemalang-Pejagan

Ini merupakan lokasi bersejarah yang dulunya bekas pabrik gula Banjaratma. Maka rest area ini juga dikenal dengan nama Rest Area Heritage-Banjaratma. Di sini, pengunjung akan ditawari spot unik dari sisa-sisa bangunan tersebut. Selain memiliki tempat makan yang beragam, rest area ini juga memiliki spot foto menarik. 

Seperti tungku dan mesin gilas bekas pabrik gula, hingga wahana permainan seluncuran warna-warni yang disebut Srodotan Donat. Tak kalah menariknya, di rest area ini juga ada pusat belanja UMKM batik dan makanan asli Jawa Tengah. Di sana juga terdapat masjid yang desainnya terlihat seperti sebuah benteng karena menggunakan dinding yang disusun dari batu bata merah.

Editor : Ahmad Antoni

Follow Berita iNews Semarang di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut