get app
inews
Aa Read Next : Ops Ketupat Candi 2024 Lancar, Kapolda Jateng: Berkat Kekompakan dan Soliditas Semua Personel

Arus Mudik Lebaran 2024 Naik 4 persen, GT Kalikangkung Jadi Perhatian Khusus Kapolri

Rabu, 03 April 2024 | 20:40 WIB
header img
Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo didampingi Panglima TNI Jenderal Agus Subiyanto dan sejumlah menteri mengunjungi Gerbang Tol (GT) Kalikangkung, Rabu (3/4/2024). (IST)

SEMARANG, iNewsSemarang.id - Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo didampingi Panglima TNI Jenderal Agus Subiyanto dan sejumlah menteri mengunjungi Gerbang Tol (GT) Kalikangkung, Rabu (3/4/2024). Kunjungan tersebut dilakukan dalam rangka mengecek kesiapan Polda Jateng hadapi arus mudik Lebaran 2024.

"Tadi pagi kita laksanakan apel yang gelar pasukan menandai dimulainya Operasi Ketupat dalam rangka pengamanan arus mudik. Kali ini kita cek kesiapan sejumlah daerah, kemarin di Merak, sekarang di GT Kalikangkung," ujar Kapolri.

Dalam kunjungan tersebut, Kapolri mendengarkan langsung paparan kesiapan Polda Jateng dalam menangani berbagai permasalahan yang berpotensi terjadi selama arus mudik dan balik di Jawa Tengah.

Berdasarkan survey dari Kementerian Perhubungan, diprediksi arus mudik yang melintas di GT Kalikangkung tahun ini akan meningkat sebesar 4 persen.

Kapolri menyebut ada beberapa hal yang menjadi perhatian khusus yang pertama potensi kepadatan arus lalin dan cara penguraiannya.

"Tadi sudah dipaparkan upaya yang dilakukan dengan menambah pintu exit tol, penambahan petugas dan card reader. Ini sebagai upaya mempercepat antrian dan mengurai kemacetan di gerbang tol," katanya.

Berikutnya potensi terjadinya bencana banjir di sejumlah daerah dan ruas jalan yang dilalui pemudik. Terkait hal ini, Kapolri menyebut sudah disiapkan sejumlah rute alternatif yang bisa dilalui oleh pemudik.

Editor : Ahmad Antoni

Follow Berita iNews Semarang di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut