get app
inews
Aa Read Next : Kenapa Cuaca Terasa Gerah Akhir-akhir Ini? Begini Penjelasan BMKG

Waspada Potensi Cuaca Ekstrem hingga 21 April! Sejumlah Wilayah Ini Bakal Diguyur Hujan

Selasa, 16 April 2024 | 09:36 WIB
header img
BMKG mengeluarkan peringatan dini potensi cuaca ekstrem hingga sepekan ke depan atau 21 April 2024. Sejumlah wilayah bakal diguyur hujan dengan intensitas bervariasi. (IST)

JAKARTA, iNewsSemarang.id - BMKG mengeluarkan peringatan dini potensi cuaca ekstrem hingga sepekan ke depan atau 21 April 2024. Sejumlah wilayah bakal diguyur hujan dengan intensitas bervariasi. 

Menurut Deputi Bidang Meteorologi BMKG, Guswanto kondisi ini dipicu oleh aktifnya beberapa fenomena dinamika atmosfer, antara lain aktivitas gelombang atmosfer Rossby Ekuatorial yang diprakirakan aktif di sebagian wilayah Sumatra bagian selatan, Jawa bagian tengah hingga timur, Bali, Nusa Tenggara Barat, Nusa Tenggara Timur.  

“Kemudian di Kalimantan bagian tengah hingga utara, Sulawesi Tengah, Maluku Utara, Maluku, Papua Barat dan Papua yang dapat meningkatkan potensi hujan di wilayah tersebut dalam sepekan ke depan,” kata Guswanto dalam keterangan resminya, Selasa (16/4/2024).

Selain itu, gelombang atmosfer Kelvin yang diprakirakan aktif di wilayah Sumatera dalam sepekan ke depan yang dapat memicu adanya potensi pertumbuhan awan hujan di wilayah tersebut. 

Editor : Ahmad Antoni

Follow Berita iNews Semarang di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut