get app
inews
Aa Read Next : Polda Jateng Cegah Pelanggaran Lalin Pengendara Bocil, Ini Kata Psikolog Undip

Khawatir Dampak Psikologi dari PJJ pada Anak? Ini Tips dari Psikolog

Selasa, 15 Februari 2022 | 19:45 WIB
header img
Ilustrasi pembelajaran jarak jauh (PJJ) (Foto Antara)

MALANG. iNewsSemarang.id - Distopnya kembali pembelajaran tatap muka (PTM) menjadi pembelajaran jarak jauh (PJJ) atau daring pada beberapa daerah disebut memiliki dampak pada psikologis anak.

Psikolog Universitas Brawijaya (UB) Ari Pratiwi menyebut Perubahan sistem pembelajaran dari tatap muka kembali menjadi daring dinilai menimbulkan perasaan ketidakpastian kepada anak. Pasalnya perubahan ini memang fleksibel dan terkesan mendadak.

“Mereka kan termasuk baru memulai adaptasi dari rumah ke sekolah sekarang di rumah lagi. Tentu hal ini membuat anak anak akan merasa tidak pasti. Kita saja yang dewasa kadang merasa tidak pasti perasaannya tidak senang juga,” ucap Ari Pratiwi, kepada MNC Portal, pada Senin (14/2/2022).

Hal ini membuat Psikolog Ari Pratiwi memberikan empat tips yang dapat digunakan orang tua dan anak saat pemberlakuan sekolah online dapat berjalan dengan lancar.

Pertama, dikatakan Ari Pratiwi sikap fleksibel perlu dikedepankan orang tua kepada anak-anak karena adanya kebijakan perubahan PTM, yang bisa berubah setiap saat.

Editor : Moh.Miftahul Arief

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut