get app
inews
Aa Read Next : Ekstrakurikuler Pramuka Tak Wajib di Sekolah, Ini Penjelasan Kemendikbud Ristek

Semarak Peringatan HUT 120 Tahun Berdirinya Sekolah THHK (Long Hua) Semarang

Jum'at, 26 April 2024 | 06:12 WIB
header img
Tarian menyemarakkan peringatan HUT 120 tahun berdirinya Sekolah THHK (Long Hua) Semarang. (foto-foto: A.Antoni)

SEMARANG, iNewsSemarang.id – Peringatan HUT 120 tahun berdirinya Sekolah Tionghoa Hwee Kwan (THHK) Semarang berlangsung semarak. Acara yang digelar di Po Hotel Semarang, Kamis (25/4/2024) dimeriahkan beragam acara hiburan, tarian hingga atraksi bela diri.

Dalam acara tersebut juga diberikan penghargaan dan angpao kepada para eks guru yang hadir. Mereka berusia rata-rata di atas 80-an tahun. 

Peringatan Sekolah THHK (Long Hua) dihadiri sekitar 450 alumni dari berbagai kota di Indonesia hingga luar negeri seperti Hong Kong. Acara juga dihadiri oleh sejumlah guru Sekolah THHK Long Hua.

Dalam sejarahnya. pada masa berdirinya Long Hwa menjadi ikon penting bagi warga Tionghoa peranakan di Semarang. Berdiri di Gang Tengah, kawasan Pecinan, Semarang Tengah. 

Seiring perkembangannya pada masa itu, jumlah murid semakin banyak, berindah ke Jalan Plampitan. Sayangnya sekolah ini harus tutup pada tahun 1966 sebagai imbas pergolakan politik nasional. Hingga pada masa kini, eks sekolah THHK di Jalan Plampitan ditempati SMP Negeri 36.   

Editor : Ahmad Antoni

Follow Berita iNews Semarang di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut