get app
inews
Aa Read Next : Facebook dan Instagram Gangguan Teknis hingga Down, Ini Penjelasan Meta

Ramai Wacana Simulasi Ibadah Haji di Metaverse, Apa Yang Dimaksud Metaverse itu?

Rabu, 16 Februari 2022 | 17:49 WIB
header img
Apa yang Dimaksud dengan Metaverse dan Perkembangannya di Masa Depan (Foto: Ilustrasi/Unsplash)

2. Bermain Games 

Sudah banyak games yang telah menerapkan konsep Metaverse. Salah satu game yang mendekati Metaverse adalah Roblox.  Sebuah platform yang terdiri dari ribuan game individu dan menghubungkan user ke ekosistem yang lebih besar dengan adanya interaksi sosial manusia di dalamnya. 

Selain itu terdapat game Sandbox. Game ini menawarkan pemain untuk mendapatkan pengalaman virtual, item game berdasarkan NFT serta berbasis Blockchain dan DeFi. Dalam ekosistem virtual, pemainnya bisa membangun dan mendesain avatar sendiri, mengakses berbagai lingkungan, atau mengikuti permainan di Metaverse yang berbeda.  

Barang-barang digital yang dibuat bisa dimonetisasi melalui NFT serta dijual di situs semacam Sandbox Marketplace. 

3. Berbelanja  

Transaksi layaknya di dunia fisik seperti belanja baju, membangun rumah, hingga membeli token game bisa dilakukan melalui di  Metaverse.  

Transaksinya dilakukan dengan cara membuka platform dan nantinya akan diminta untuk menyiapkan dompet kripto yang akan menampung semua mata uang digital. Salah satu dompet populer yang sering digunakan adalah MetaMask. 

Jenis kripto yang akan digunakan pun disesuaikan dengan platform yang digunakan.  Pasalnya, setiap platform Metaverse memiliki token kripto tersendiri yang digunakan untuk melakukan transaksi.  

4. Bekerja  
Miliarder sekaligus pendiri Microsoft Bill Gates memperkirakan dua hingga tiga tahun ke depan, sebagian besar pekerja akan melakukan pertemuan virtual dalam Metaverse. 

Pertemuan virtual akan berpindah dari grid gambar kamera 2D (model Hollywood Squares).  

"Dalam dua atau tiga tahun ke depan, saya memperkirakan sebagian besar pertemuan virtual akan beralih dari kamera 2D. kisi-kisi gambar-yang saya sebut model Hollywood Squares ke Metaverse, ruang 3D dengan avatar digital,” ungkap Bill Gates yang dikutip dari Tech Radar. 

5. Olahraga  

Di dunia, E-sport kini semakin populer. Bahkan perguruan tinggi University of Dalam Metaverse kegiatan tersebut nantinya juga tetap bisa dilakukan melalui teknologi Virtual Reality.

Editor : Moh.Miftahul Arief

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut