get app
inews
Aa Read Next : Banjir Rusak 10 Bangunan di Bantaran Sungai BKT Semarang, Ini Rinciannya

Perayaan HUT ke-477 Kota Semarang, Ini Rangkaian Acara dan Jadwalnya

Kamis, 02 Mei 2024 | 06:29 WIB
header img
Semarang Night Carnival (SNC) kembali digelar dalam rangka menyemarakkan HUT ke-477 Kota Semarang. (IST)

SEMARANG, iNewsSemarang.id – Pemkot Semarang menggelar rangkaian resepsi dan puncak peringatan Hari Jadi ke-477 Kota Semarang di Simpanglima. 

Akan ada berbagai acara, mulai dari penyelenggaraan Semarang Introducing Market (SIM), Semarang Night Carnival (SNC) termasuk Nonton Bareng (Nobar) Timnas U-23 memperebutkan posisi ke tiga Piala AFC. 

Wali Kota Semarang, Hevearita Gunaryanti Rahayu mengatakan, rangkaian perayaan HUT Kota Semarang yang diperingati pada 2 Mei 2024 akan dimulai dengan upacara di Halaman Balai Kota Semarang. 

Selanjutnya, kata Mbak Ita, sapaan akrabnya, pada 2 Mei malam akan digelar Nonton Bareng (Nobar) Timnas U-23 Indonesia melawan Irak di Lapangan Pancasila Simpang Lima Semarang. Rangkaian Hari Jadi Kota Semarang selanjutnya, yakni penyelenggaraan Semarang Introducing Market (SIM) pada Jumat 3 Mei 2024. 

"Saya minta agar event-event itu bisa dikolaborasikan, jangan 'pretil-pretil' (kecil-kecil). Seperti Semarang Introducing Market itukan 'gawe'-nya Dinas Koperasi dan UMKM, sedangkan Semarang Night Carnival kegiatannya Disbudpar," ujar Mbak Ita. 

Awalnya, lanjut dia, penyelenggaraan Semarang Introducing Market berada di bantaran Sungai Banjir Kanal Barat (BKB) dan berlangsung pada 29 Mei 2024. 

"Akhirnya kita rapatkan, bongkar bersama, dan Alhamdulillah bisa digabung SNC dan SIM. Di sela SIM pada 3 Mei sore akan ada masak besar bersama Chef Bobon. Itu kan (hasil) masak besar bisa dimanfaatkan, hasilnya bisa diberikan kepada masyarakat maupun anak-anak panti dan sebagainya," sebut Mbak Ita. 

Tak hanya itu, kata Mbak Ita, di Simpang lima juga akan ada banyak pelaku UMKM dari 16 kecamatan maupun dari komunitas yang tergabung dalam ekonomi kreatif, mengikuti acara bazar. 

Puncak resepsi Hari Jadi Kota Semarang yakni perhelatan Semarang Night Carnival yang berlangsung pada Sabtu (4/5) mulai pukul 18.30 WIB. 

"SNC start dari Balai Kota Semarang dengan total 150 peserta defile. Ada drum band dari Akpol dan SMPN 1 Semarang yang akan mengawali rombongan. Saya sangat mengapresiasi anak-anak bahkan OPD yang akan menampilkan defile empat kostum di SNC kali ini," katanya. 

Pada pagi harinya, akan ada masak dan senam bersama para ibu-ibu PKK dan masyarakat di area Car Free Day (CFD). "Kegiatan-kegiata ini bisa dimanfaatkan masyarakat sehingga ekonomi Kota Semarang bisa terus tumbuh," ujarnya. 

Editor : Ahmad Antoni

Follow Berita iNews Semarang di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut