get app
inews
Aa Read Next : Potret Kegiatan Sosial Kontingen Garuda Satgas Indo RDB XXXIX-F Monusco di Kongo

Sama-sama Terlahir dari Kostrad, Ini Perbedaan Prajurit Raider dengan Para Raider

Selasa, 14 Mei 2024 | 15:48 WIB
header img
Prajurit Yonif Banteng Raiders saat menggelar latihan pertempuran di Semarang. (Dok/Ahmad Antoni)

JAKARTA, iNewsSemarang.id - Tentara Nasional Indonesia (TNI) mempunyai banyak satuan pasukan elite. Salah satunya adalah Batalion Raider yang merupakan bagian dari Batalion Infanteri Komando Cadangan Stategis Angkatan Darat (Kostrad) TNI AD

Sebagai bagian Kostrad, prajurit Raider memiliki kemampuan kualifikasi intai tempur dan lintas udara. Sesuai dengan namanya Batalion Raider yang dibentuk pada 2003 itu didesain untuk mampu melakukan serangan secara cepat dan mendadak. 

Sebab itu, prajurit Raider dibekali kualifikasi khusus untuk menguasai tiga kemampuan utama. Ketiganya yakni spesifikasi antiteror untuk pertempuran jarak dekat, antigerilya dengan mobilitas tinggi; serta kemampuan melakukan pertempuran-pertempuran berlarut (panjang).

Pada 2015, TNI menambah kualifikasi Batalyon Lintas Udara. Batalion inilah yang disebut sebagai Batalyon Para Raider. Kemudian, apa bedanya dengan Raider? Para Raider diambil dari prajurit dengan core atau kualifikasi utama lintas udara (linud). 

Dengan demikian, Para Rader awalnya adalah prajurit infanteri penerjun yang diberi tambahan kualifikasi Raider. Dengan kualifikasi tambahan itu, Para Raider diproyeksikan memiliki kemampuan melakukan penerjunan menyerang secara mendadak. 

Editor : Ahmad Antoni

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut