get app
inews
Aa Read Next : Keren! Kota Semarang Jadi Satu-satunya Kota Besar Yang Masuk Nominasi TPID Award

Peringatan HUT Dekranas dan HKG PKK di Solo, Kota Semarang Raih Juara Siaga Kebakaran Lingkungan

Sabtu, 18 Mei 2024 | 06:12 WIB
header img
Ketua TP PKK sekaligus Ketua Dekranasda Kota Semarang, Alwin Basri. Foto: Dok

SEMARANG, iNewsSemarang.id - Tim Penggerak PKK Kota Semarang berhasil menjadi juara Siaga Kebakaran Lingkungan yang diumumkan dalam rangka Hari Ulang Tahun (HUT) ke-44 Dewan Kerajinan Nasional (Dekranas) dan peringatan Hari Kesatuan Gerak (HKG) ke-52 Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (PKK) di Solo, Rabu (15/5) sore.

Prestasi itu disambut gembira Ketua Tim Penggerak Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (TP PKK) Kota Semarang, sekaligus Ketua Dewan Kerajinan Nasional Daerah Kota Semarang, Alwin Basri. 

"Bangga rasanya atas prestasi ini, atas prestasi ini Kota Semarang mendapatkan hadiah uang pembinaan Rp 10 juta. Ini akan menjadi semangat bagi kami TP PKK Kota Semarang untuk mengejar prestasi lebih baik lagi," katanya, Kamis (16/5). 

Sebagai informasi, peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-44 Dewan Kerajinan Nasional (Dekranas) dan Puncak Peringatan Hari Kesatuan Gerak Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (HKG PKK) ke-52 digelar bersamaan di Kota Solo, Jawa Tengah, pada 14–18 Mei 2024. Ribuan kader PKK seluruh Indonesia turut berpartisipasi dalam Parade Budaya Nusantara yang menjadi salah satu rangkaian peringatan HUT ke-44 Dekranas.

Tidak hanya diisi acara seremonial, kegiatan skala nasional tersebut dimeriahkan oleh setidaknya sebanyak 20 kereta kuda atau biolet hias, 102 mobil hias, kriya, dan budaya. Hiasan mobil khas berbagai daerah di Nusantara tersebut, hasil dari kreativitas anggota Dekranas Daerah (Dekranasda) di 38 provinsi. Selain itu, lebih dari 1.250 peserta jalan kaki yang merupakan ibu-ibu PKK se-Indonesia dengan mengenakan pakaian adatnya masing-masing turut memeriahkan kegiatan tersebut.

Ketua Harian Dekranas yang juga Ketua Umum Tim Penggerak PKK (TP PKK), Tri Tito Karnavian mengungkapkan, suksesnya kegiatan di Kota Solo tak terlepas dari peran Ketua Dekranasda Kota Solo Selvi Ananda. Istri Menteri Dalam Negeri (Mendagri) RI, Muhammad Tito Karnavian itu mengungkapkan, Selvi Ananda yang kali pertama mengusulkan Kota Solo siap menjadi tuan rumah HUT Dekranas dan HKG PKK 2024.

"(Disampaikan) saat peringatan HUT Dekranas dan HKG PKK di Medan tahun 2023," terang Tri usai Parade Budaya Nusantara, Rabu (15/5).

Namun, jelas Tri, pengurus Dekranas tidak langsung menyetujui. Mengingat ada daerah lain yang juga ingin menjadi tuan rumah event nasional tersebut. Setelah melalui berbagai pertimbangan dan penjajakan, akhirnya Kota Solo dipercaya menjadi tuan rumah peringatan HUT ke-44 Dekranas dan HGK ke-52 PKK.

"Dengan pertimbangan yang sangat luar biasa, seperti kapasitas hotel, transportasi, dan sebagainya Kota Solo layak untuk event nasional," beber Tri.

Pada kesempatan yang sama, Ketua Dekranasda Kota Solo, Selvi Ananda bersyukur gelaran akbar itu berjalan lancar. Menurut Selvi, HUT Dekranas dan HKG PKK membawa dampak positif bagi Kota Solo. "Mulai dari kuliner hingga wisata, semua berdampak," kata Selvi.

Editor : Maulana Salman

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut