get app
inews
Aa Read Next : Ketua DPRD Kendal: Digitalisasi Pasar Rakyat Jadi Keharusan

Grebeg Besar Demak 2024, Dimeriahkan Band Tipe-X hingga Rekor Nasi Ancakan Terbanyak

Selasa, 04 Juni 2024 | 16:34 WIB
header img
Gelaran Pasar Rakyat Grebeg Besar Demak 2024 dibuka selama 23 hari ke depan. (Oasis MN)

Pasar Rakyat Grebeg Besar Demak 2024 secara resmi dibuka pada Jumat malam oleh Bupati Demak Eisti'anah di Gedung Kesenian Tembiring Jogo Indah.

Di saat itu, Eisti'anah  mengatakan grebeg besar ini tidak hanya pesta rakyat, melainkan terdapat sejumlah rangkaian acara dalam satu bulan. 

Di antaranya ziarah makam Raja Demak dan Sunan Kalijaga pada 31 Mei, lalu dilanjutkan ke Pasar Rakyat Grebeg Besar 31 Mei-23 Juni, Abon-abon Keraton Surakarta 15 Juni, Iring-iringan Tumpeng Songo 16 Juni dan Iring-iringan Prajurit Patangpuluhan 17 Juni 2024.

"Kita ingin membahagiakan masyarakat mereka punya hak untuk bahagia, apabila memiliki rejeki lebih bisa naik apabila tidak bisa melihat dan merasakan grebeg besar di Demak," katanya.

Dia menambahkan, grebeg besar kini sudah didaftarkan menjadi event nasional rutin diselenggarakan setiap tahun. Pada tahun ini, grebeg besar juga akan memecahkan Rekor MURI penyajian Nasi Ancakan terbanyak. Biasanya hanya 300 kini akan menyajikan sebanyak 521 porsi sesuai angka hari jadi Demak.

Ancakan atau bancakan adalah istilah masyarakat jawa untuk menyebut prosesi tasyakuran yang di dalamnya terdapat suguhan nasi dan lauk khas. Biasanya ancakan berupa nasi urap dan ikan asin, serta lauk lain yang sudah menjadi semacam kesepakatan tak tertulis semenjak beberapa abad lalu.

"Kita akan daftarkan di MURI adalah jumlah sajian saat ancakan. Biasanya ancaan dan tumpeng songo ini bersamaan nanti kita waktunya atur dan biasanya jumlah 300 sekarang 521," ujarnya.
 

Editor : Ahmad Antoni

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut